Selasa, 12 Nov 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Manggis dari Sumbar Laku di Perancis hingga China

Manggis dari Sumbar Laku di Perancis hingga China

redaksi Senin, 04 November 2019 16:08 WIB
IDN Times
Buah Manggis

Padang (SIB)
Mengawali musim panen tahun ini, Sumatera Barat berhasil mengekspor 58,9 ton manggis dengan nilai Rp. 21,1 miliar. Pengiriman dilakukan dengan frekwensi sebanyak 33 kali pengiriman.


Ekspor tersebut menggenapkan eksportasi produk hortikultura dari daerah itu sejak Januari hingga Oktober 2019 menjadi 115,6 ton.
"Terjadi peningkatan signifikan dibanding total ekspor pada periode yang sama ditahun 2018 yang hanya 59,7 ton. Dua kali lipat," kata Kepala Karantina Pertanian Padang, Eka Darnida Yanto dalam laporan tertulis yang diterima, Minggu (3/11).


Ia menyebutkan, berdasarkan data sistem automasi perkarantinaan, IQFAST, negara China menjadi tujuan utama pasar ekspor komoditas ini. Selain itu, Hong Kong, Perancis, Malaysia, Taiwan dan Singapura juga menjadi langganan tetap manggis Sumbar.


Sejalan dengan kebijakan Kementerian Pertanian untuk lakukan gerakan masif ekspor dan investasi di bidang pertanian. Mengemban fungsi sebagai fasilitator perdagangan produk pertanian, Badan Karantina Pertanian lakukan berbagai terobosan layanan ekspor cepat.
Untuk manggis, pemerintah daerah Sumbar telah menetapkan 8 kabupaten dan kota sebagai sentra. Masing-masing adalah Kabupaten Limapuluh Kota, Tanah Datar, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Sijunjung, Padang Pariaman, Agam dan Kota Padang. (detikFinance/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments