Selasa, 20 Agu 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Listrik Padam, Omzet Pengusaha Kecil Turun Hingga 20%

Listrik Padam, Omzet Pengusaha Kecil Turun Hingga 20%

Sabtu, 08 Februari 2014 22:28 WIB
Medan (SIB)- Pemadaman listrik yang mulai sering terjadi, membuat pelaku usaha kecil merugi. Seperti warung internet, rental playstation, Laundry dan usaha fotokopi di Kota Medan "Pemadaman listrik mulai sering dan waktunya tidak beraturan, itu benar-benar sangat mengganggu masyarakat, termasuk pelaku usaha kecil seperti saya, kami mengalami banyak kerugian," kata Boy, Pemilik Usaha Rental Komputer di Padang Bulan Medan, Jumat(7/2/2014).

“Saya terpaksa menutup  usaha saya jika listrik mati, bahkan sudah dua malam terakhir ini usaha saya sepi pengunjung karena listrik mati, sehingga pendapatan saya turun hingga 20 persen," katanya.

Ditambahkannya, waktu pemadaman listrik selalu terjadi dalam waktu yang cukup lama, hingga 3 jam lebih. Selain itu, informasi mengenai waktu pemadaman pun tidak jelas. "Mau mati listrik enggak ada pemberitahuan, terus lama lagi," ujarnya.

Boy mengaku, untuk mendukung usahanya yang beroperasi mulai pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB, memang harus memiliki genset. Namun, setelah dihitung-hitung, dengan menggunakan alat tersebut, justru biaya produksinya makin bertambah besar. " Ada genset, tetapi jika dipakai juga sama saja, tidak sebanding karena biaya produksinya tambah besar, saya juga khawatir tingginya frekuensi pemadaman listrik juga dapat membuat komputer saya rusak,  saya berharap permasalahan listrik dapat segera teratasi dan kondisinya bisa kembali normal,”ujarnya.

Hal senada disampaikan Maria, pengelola jasa laundry yang berada di Padang Bulan Medan, akibat sering terjadinya pemadaman lampu, omzet usahanya turun hingga 10-20 persen. Selain turunnya pendapatan, ia  juga mengeluh karena pemadaman listrik membuat kinerja usahanya menjadi terhambat akibat banyak proses pekerjaan yang tertunda. "Kami harap jangan sering-sering mati listrik," katanya yang mengaku tidak memiliki genset untuk digunakan saat listrik mati.(DIK5)
T#gs listrik
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments