Sabtu, 06 Jun 2020
PDIPSergai Lebaran

LPS: Waspadai BPR yang Beri Bunga Tinggi

Rabu, 15 Januari 2014 15:20 WIB
SIB/Int
Ilustrasi
Jakarta (SIB)- Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyebutkan jika saat ini banyak Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menawarkan bunga tinggi di atas rata-rata bunga perbankan pada umumnya. Hal ini perlu diwaspadai jangan sampai merugikan nasabah.

Direktur Grup Penanganan Klaim LPS Ahmad Fajarprana mengatakan, pemberian bunga tinggi tersebut bertujuan untuk menarik banyak nasabah.

"Kenapa lebih besar karena untuk ambil pangsa pasar karena bank-bank swasta sekarang sudah banyak di pedesaan, untuk bersaing ya pertimbangannya itu," ujar Fajar saat berbincang dengan detikFinance di Kantor LPS, di Equity Tower, Jakarta, Senin (13/1/2014).

Tak hanya memberikan tingkat suku bunga yang tinggi, Fajar menyebutkan, tidak sedikit BPR memberikan janji kepada para nasabahnya jika dana mereka seluruhnya akan dijamin LPS. Padahal, LPS hanya memberikan jaminan maksimal Rp 2 miliar dengan syarat tertentu.

"Banyak yang menjual janji, LPS menjamin uang nasabah tanpa syarat, itu praktek beda waktu krisis 1998 yang memang dijamin seluruhnya, sekarang dijamin maksimal Rp 2 miliar dengan syarat," kata dia.

Lebih jauh dia menjelaskan, biasanya perbankan akan memberikan bunga tinggi ketika bank tersebut butuh likuiditas. Hal ini juga perlu diwaspadai.

"Praktiknya gitu ketika bank bermasalah, kondisi menurun, justru bank itu berusaha keras agar mendapatkan dana, salah satunya menjanjikan bunga tinggi tapi belum tentu diberikan.

Kebanyakan BPR itu tutup karena fraud tindakan yang melanggar oleh pemilik dan pengurus, memberikan kredit fiktif," terang dia.Soal bunga tinggi, Fajar menyebutkan, tidak ada peraturan dari Bank Indonesia (BI) yang mengatur soal besaran bunga. Hal inilah yang menyebabkan perbankan berlomba-lomba memberikan bunga tinggi.

"Pemberian bunga nggak diatur BI, sah-sah saja berapa pun tapi harus sadar risiko," katanya.

Saat ini, bunga penjaminan LPS untuk BPR dipatok di angka 10%. Angka ini akan berlaku pada 15 Januari 2014 nanti, sementara bunga jaminan LPS untuk bank umum dipatok di angka 7,5%."Bunga 7,5% tiap 4 bulanan akan dievaluasi, perlu diubah, ditambah atau dikurangi," kata dia.(dtf/w)

T#gs
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments