Selasa, 22 Sep 2020
  • Home
  • Ekonomi
  • Kartu Prakerja Gelombang 8 Ditutup Hari Ini, Pendaftar Capai 4 Juta Orang

Kartu Prakerja Gelombang 8 Ditutup Hari Ini, Pendaftar Capai 4 Juta Orang

Senin, 14 September 2020 20:05 WIB
Internet

Ilustrasi Kartu Prakerja

Jakarta (SIB)
Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 8 akan ditutup Senin, 14 September 2020, pukul 12.00 WIB.
"Sampai siang ini sudah ada lebih dari 4 juta pendaftar. Kuota gelombang 8 adalah 800 ribu," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu.

Secara keseluruhan, pemerintah akan menjaring total 5,6 juta orang dalam program Kartu Prakerja. Mereka yang bisa mendaftar adalah para pencari kerja, ataupun korban PHK akibat Covid-19.

Sampai gelombang 5, Louisa menyebutkan jumlah pendaftar yang sudah diterima di program ini sudah mencapai 2,28 juta. Sehingga, tersisa jatah 3,32 juta lagi untuk masuk ke program ini.

Dalam tiga gelombang terakhir, yaitu 6 sampai 8, kuota yang dibuka konstan, yaitu 800 ribu orang. Jika gelombang 8 ditutup Senin besok siang, maka akan ada tambahan 2,4 juta orang lagi.

Sehingga, total peserta dari gelombang 1 sampai 8 akan mencapai 4,68 juta orang. Dengan demikian, tinggal tersisa jatah sekitar 920 ribu orang lagi.

Secara keseluruhan, total anggaran yang disiapkan pemerintah untuk 5,6 juta peserta Kartu Prakerja ini adalah Rp 20 triliun. Setiap orang dapat Rp 3,55 juta (Rp 1 juta biaya pelatihan dan Rp 2,55 juta insentif).

Dalam keterangan resminya, Louisa mengatakan peserta yang mencoba mendaftar tetapi gagal, harus bisa memastikan bahwa nomor NIK dan KK sudah dimasukkan dengan benar. Kalau masih gagal juga, bisa menghubungi call center Dukcapil di nomor 1500-538.

Selain itu, pendaftar bisa datang ke kantor Dukcapil terdekat. Menurut Louisa, pendaftar bisa memastikan juga nomor handphone aktif dan sudah melakukan eKYC (electronic know your customer) untuk e-wallet yang dipilih.

Jika pendaftar ingin mengganti nomor handphone, bisa melihat petunjuknya di https://www.prakerja.go.id/blog/tutorial-mengganti-nomor-handphone-di-prakerja. Lalu jika ingin mengganti nomor rekening, maka bisa lihat caranya di https://www.prakerja.go.id/blog/tutorial-rekening-kartu-prakerja. (Tempo.co/c)
T#gs Gelombang 8 Ditutup Hari Inikartu prakerja
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments