Selasa, 26 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Ekonomi
  • Kalah Saing Dengan Pesawat, Pelni Buat Terobosan dengan Sistem E-Tiketing

Kalah Saing Dengan Pesawat, Pelni Buat Terobosan dengan Sistem E-Tiketing

*Arus Balik Natal & Tahun Baru 2014 Didominasi Penumpang Tujuan Batam
Rabu, 15 Januari 2014 16:02 WIB
SIB/Int
PT Pelni
Medan (SIB)- Karena kalah bersaing dengan armada pesawat di dunia penerbangan yang menjual tiket murah, maka tahun 2014  PT Pelni Medan-Belawan akan membuat berbagai terobosan baru termasuk mencoba menerapkan pelaksanaan E-Tiketing dengan menggunakan selembar kertas sehingga mudah diakses di berbagai tempat. Dengan begitu maka secara pelan-pelan blanko tiket ditarik dari agen Pelni.

"Jadi sistim e-Tiketing dapat mempermudah pengguna angkutan kapal laut  dan jika prospeknya bagus  bisa saja akan ada penambahan kapal misalnya 2 kali seminggu,” ujar Manejer Cabang PT Pelni Medan-Belawan Ridwan Mandaliko kepada SIB, Selasa siang (13/1).

Ia mengatakan, terobosan lain misalnya melayani pihak dewan eksekutif yang akan menggelar seminar atau lokakarya, rapat-rapat lainnya di atas kapal dan EO (Even Organizer) yang bersangkutan bekerjasama  dengan Pelni atau Pelni sendiri sebagai panitianya. Begitu juga rombongan yang memanfaatkan jasa angkutan laut ini akan diberi diskon 10 sampai 15 %.

Tentunya pengajuan dapat dilakukan lebih awal atau 2 minggu sebelum keberangkatan, ujar mantan Kepala Operasi PT Pelni di sejumlah kawasan Timor yakni Papua, Ambon, Surabaya dan Tanjung Priok.

Katanya program e-Tiketing kapal motor laut ini baru akan dicoba di wilayah kerjanya untuk tujuan angkutan laut Belawan, Batam-Tanjung  Balai Karimun dan Tanjung Priok.Jika ini bisa terealisasi dengan baik, bisa jadi akan diterapkan di berbagai wilayah kerja Pelni di Indonesia. Artinya  "pilot project" diawali dari Pelni Cabang Medan-Belawan, ujarnya.

Untuk itu sebagai orang baru menjabat di Cabang Pelni Medan-Belawan ini, Ridwan Mandaliko mulai menyurvei sistim pelayanan di pelabuhan seperti apa. Di sisi lain membuat kiat-kiat apa yang digunakan agar masyarakat  mau naik kapal dan berangkat dengan kapal bisa merasa nyaman.

Didominasi Tujuan Batam
Menyinggung arus penumpang pasca Tahun Baru 2014, angkutan kapal laut  KM (Kapal Motor) Kelud dari Pelabuhan Belawan dengan rute  tujuan Tanjung Priok menyinggahi Tanjung Balai Karimun (TBK) dan Batam meningkat sampai 20 %, namun terbesar 65 % didominasi tujuan  Batam. Selebihnya  tujuan Tanjung Balai Karimun dan Tanjung Priok.

Namun usai Tahun Baru ini, arus penumpang angkutan laut kembali stabil seperti hari-hari keberangkatan biasa di atas 1000 seat kapal (tempat) dari 2600 seat tersedia di KM Kelud, ujarnya sambil menyebutkan angkutan laut saat Natal dan Tahun Baru dan Lebaran yakni arus mudik maupun arus balik tetap membludak dari Pelabuhan Belawan.

Untuk penjualan tiket kapal Pelni, perusahaan BUMN ini masih tetap bekerjasama dengan mitra kerjanya yakni belasan biro perjalanan di Medan dan sekitarnya. (A3/x)
T#gs Penerbangan
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments