Kamis, 18 Jul 2019

Harga Tomat Stabil di Karo, Rp 8 Ribu/Kg

admin Rabu, 15 Mei 2019 13:08 WIB
SIB/Dok
TOMAT: Setelah sempat lama anljok beberapa bulan lalu, kini harga tomat menyenangkan hati petani di dataran tinggi Karo, Saat ini harga di tingkat pasar tradisional, harga tomat mencapai Rp 8.000/Kg.
Tanah Karo (SIB) -Sepekan terakhir isu harga tomat di pasar tradisional Karo cukup stabil. Pantauan di lapangan, di pasar transaksi terbesar hortikultura di Kabupaten Karo, Pasar Roga Berastagi, Selasa (14/5) sore, harga tomat bertahan di level Rp 8.000/Kg. Sebelumnya beberapa bulan lalu sekitar Rp 2000-Rp 3000/Kg.

"Kiranya harga terus bertahan hingga lebaran nanti. Selain membutuhkan modal besar, biaya perawatan serta kendala ancaman hama penyakit cukup tinggi saat ini. Apalagi dalam kondisi cuaca ekstrim, hujan-panas. Ditambah lagi, biaya pupuk dan pestisida yang terus beranjak naik," ujar Tuahta Karo-karo, petani asal Kecamatan Simpang Empat kepada wartawan.

Pelaku pasar, Jhon Veter, juga mengakui harga tomat yang masih terus bertahan, selama bulan Ramadan ini. "Kemungkinan besar selain di Kabupaten Karo, daerah lain juga kurang produksinya. Di pasar tradisional ini, yang berlaku hanya prinsip ekonomi. Produksi dan kebutuhan pasar yang menentukan harga. Banyak produksi minim permintaan, harga menurun. Tinggi permintaan, produksi tidak sebanding, harga meningkat," ujarnya. (BR2/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments