Rabu, 24 Jul 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Harga TBS Kelapa Sawit di Tanah Jawa Turun Drastis

Harga TBS Kelapa Sawit di Tanah Jawa Turun Drastis

admin Selasa, 14 Mei 2019 10:25 WIB
Ilustrasi
Simalungun (SIB) -Harga TBS (Tanda Buah Segar) kelapa sawit di tingkat petani khususnya di Nagori Maligas Tongah Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun memasuki minggu ke tiga Mei 2019 mengalami penurunan menjadi Rp 1000 per kg dari harga Rp 1200 per kg.

Hal itu dibenarkan ibu T br Silalahi dan R boru Sirait keduanya petani sawit ketika dihubungi SIB, Senin (13/5) di kediamannya Dusun I Timbaan Maligas Tongah.

Disebutkan turunnya harga buah sawit sejak akhir Janiari 2019 lalu, sangat meresahkan masyarakat petani yakni dari Rp 1400 turun menjadi Rp 1200 dan kini harga merosot tajam memjafi Rp 1000 per kg. "Padahal di bulan Mei 2018 harga sedikit membaik mencapai Rp 1550 per kg," ucap kedua petani tersebut. Sebagai petani, sawit mereka sangat mengharapkan perhatian pemerintah khususnya Pemkab Simalungun, untuk segera menormalkan kembali harga sawit demi kesejahteraan rakyat. "Kalau bisa harga Rp 1600 per kg maka petani akan merasa lega," ucap boru Silalahi senada dengan boru Sirait.

Ditambahkannya, sudah tiga bulan berjalan hasil panen sawit mengalami penurunan (trek) dikaitkan lagi dengan merosotnya harga sehingga membuat petani menjerit. "Jika sebelumnya hasil panen bisa 2 ton, kini hanya bisa 700 kg, sehingga untuk membayar biaya perawatan dan biaya panen, cuma pas-pasan," katanya.

Masyarakat desa yang mayoritas petani hanya mengharapkan hasil panen sawit untuk biaya sekolah anak-anak dan untuk kebutuhan lainnya sebab sekarang petani padi kampung itu sedang musim pengolahan di sawah. (S03/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments