Minggu, 16 Jun 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Harga TBS Kelapa Sawit di Kotapinang Terus Turun

Harga TBS Kelapa Sawit di Kotapinang Terus Turun

admin Kamis, 13 Juni 2019 11:20 WIB
Ilustrasi
Kotapinang (SIB) -Harga komoditi tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) di Kotapinang terus mengalami penurunan sekira Rp 40 hingga Rp 80 per kilogram dalam sebulan

Informasi yang diperoleh SIB Kamis (12/6) dari pemasok di sejumlah PMKS seputaran Kotapinang, saat ini harga papan beda di kisaran Rp 1.110, pada bulan sebelumnya Rp 1.190.

"Dari bulan Mei ke bulan Juni mengalami penurunan sebanyak Rp 80 perak. Dari bulan April ke bulan Mei Rp 40 perak penurunan. Ditambah lagi kondisi hasil panen saat ini mengalami penurunan (musim trek),"kata petani kelapa sawit Afipuddin Nasution.

Kondisi harga yang terus mengalami penurunan seperti ini kata dia menyebabkan sejumlah petani terancam mengalami kerugian. Sebab kata dia, harga di lapangan jauh lebih rendah dari harga yang ada di pabrik.

"Upah panen, langsir dan angkutan sudah memakan biaya sekitar Rp 400. Belum lagi biaya pupuk ketika masuk jadwalnya. Ini sudah tidak mencukupi lagi,"katanya.

Ketua Komisariat Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kabupaten Labuhanbatu Raya Ir Mohammad Riyanta melalui Sekretaris Heri Endarianto SH yang dikonfirmasi mengatakan, penurunan harga TBS kelapa sawit disebabkan harga Crude Palm Oil (CPO) yang turun dan stok dalam negeri melimpah. Sehingga, daya serap pasar menjadi menurun. Dampak lainnya kata dia, Uni Eropa menghentikan ekspor CPO, dan dampak perang dagang antar Cina dan Amerika Serikat.

Menurutnya, GAPKI akan terus mendorong pemerintah untuk meningkatkan produk Bio Diesel, dari B20 menjadi B30.
"Kita akan terus mendorong pemerintah untuk meningkatkan produk Bio Diesel dan mendorong masyarakat untuk mencintai produksi dalam negeri yang berkaitan dengan kelapa sawit dan turunan nya,"katanya. (L06/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments