Senin, 21 Sep 2020
  • Home
  • Ekonomi
  • Harga Jeruk Turun dan Jalan Rusak, Petani di Kabupaten Karo Mengeluh

Harga Jeruk Turun dan Jalan Rusak, Petani di Kabupaten Karo Mengeluh

redaksisib Rabu, 05 Agustus 2020 12:06 WIB
SIB/Theopilus Sinulaki

TURUN: Harga jeruk di wilayah Liang Melas Datas Kabupaten Karo turun, tampak pada gambar kondisi jeruk yang sudah disusun rapi dalam keranjang untuk dikirim ke luar daerah baru-baru ini. 

Karo (SIB)
Memasuki awal Agustus 2020, harga buah jeruk turun Rp 3000/kg. Para petani jeruk di daerah Liang Melas Datas meliputi Desa Kutambelin Kecamatan Laubaleng, Desa Kutapengkih Kecamatan Mardingding, Desa Polatebu Kecamatan Kutabuluh dan Desa Kutambaru Kecamatan Tigabinanga mengeluh. Sementara biaya transportasi cukup tinggi akibat kondisi jalan rusak berat.

Demikian disampaikan Junaidi Sinulaki kepada SIB, Selasa (4/8) melalui pesan WhatsApp. Menurutnya, harga jeruk saat ini hanya Rp 5000/kg, sementara pada akhir Juli 2020 kemarin, harga jeruk kirim berada dikisaran Rp 8000/kg.

"Petani jeruk mengeluh atas turunnya harga jeruk saat ini. Rata-rata pemilik kebun jeruk rugi besar, apalagi biaya pemeliharaan jeruk saat ini cukup tinggi,"ujarnya.

Ketika disinggung terkait kerusakan jalan ke daerah itu, apakah ada kaitannya dengan harga jeruk turun. Menurut Junaidi, dengan kondisi jalan rusak berat, apalagi saat hujan turun, jalan licin dan sulit dilalui kendaraan bermotor.

"Para eksportir jeruk pasti enggan datang ke wilayah Liang Melas Datas karena kondisi jalan rusak berat. Apalagi saat hujan turun deras, transportasi pengiriman jeruk akan macet," ungkapnya.

Sementara titik rawan kerusakan jalan terparah mulai dari Desa Kuta Mbaru sampai keperladangan Pancur Panggoh. Belum termasuk Kuta Mbelin-Kuta Pengkih sampai dengan Kuta Kendit, nyaris sulit dilalui kenderaan bermotor.

"Warga Liang Melas Datas, yang merupakan bekas daerah kekuasaan Raja Urung Samperaya, mohon perhatian Pemerintah Kabupaten Karo untuk segera memperbaiki kondisi jalan lintas Liang Melas Datas, karena daerah ini merupakan sentra pertanian yang cukup potensial untuk mendukung ketahanan pangan negeri ini," katanya. (K01/c)

T#gs Harga Jeruk TurunKabupaten Karomengeluhpetaniekonomi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments