Kamis, 14 Nov 2019

Harga Ikan Teri Nasi Mahal

admin Jumat, 20 September 2019 12:25 WIB
Ikan Teri Nasi
Medan (SIB) -Ikan teri nasi produksi Sumatera Utara selama ini sangat diminati warga Medan maupun masyarakat luar Sumut. Namun dalam dua pekan ini harganya melonjak. Untuk kualitas baik harga normalnya Rp 120.000 per Kg, tapi kini naik menjadi Rp 150.000 per Kg.

"Memang ikan teri mahal. Biasanya kami ada kerjasama dengan ibu-ibu yang berbisnis ikan teri sangat laris manis, malah sebaliknya mengurangi stok melalui kami," ungkap Alan, pedagang ikan teri termasuk berbagai ikan asin lainnya di Pusat Pasar Medan kepada SIB, Kamis (19/9) sore.

Dia kurang mengetahui penyebab mahalnya harga ikan teri tersebut. Tapi ada yang menyebutkan, faktor cuaca yang membuat nelayan enggan melaut.

Sementara itu Siti Hanum sebagai pebisnis ikan teri ke berbagai provinsi di Indonesia bahkan ke Kuala Lumpur mengaku, ikan teri yang dijualnya sangat laris dan dijadikan oleh-oleh atau buah tangan dari daerah Sumut.

"Mengingat harganya mahal, banyak yang mengurangi pesanan. Namun bagi orang berduit, harga mahal tidak menjadi masalah. Kita membeli di Medan harga grosir, maka harga jual kita naikkan lagi, belum termasuk ongkos kirim. Jika ditotal-total untungnya lumayan. Tapi tetap saja tidak sebanyak untung saat harga murah Rp 120.000 per Kg," ujar Siti Hanum.

Siti menyebutkan, permintaan teri nasi umumnya banyak ke Jakarta menyusul Bandung, Surabaya, Makassar. Ada juga ke luar negeri yakni Kuala Lumpur. Harganya lebih mahal lagi jika diekspor ke Malaysia. Diakuinya, meski harganya mahal, tapi dalam sepekan banyak pesanan, namun stok berkurang.

Sejumlah kaum ibu di Medan kepada SIB mengatakan, mereka selalu menikmati menu makanan di sejumlah hotel di Malaysia lengkap dengan ikan teri nasi yang katanya berasal dari Medan. (M2/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments