Rabu, 26 Jun 2019

Harga Bawang Melonjak di Lubukpakam

admin Rabu, 10 April 2019 15:00 WIB
SIB/Dok
KELUHKAN: Sejumlah pedagang sayuran di pasar Bakaran Batu, Lubukpakam diabadikan saat mengeluhkan kenaikan harga bawang merah dan putih beberapa pada beberapa minggu terakhir, Senin (8/4).
Lubukpakam (SIB) -Pasokan bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional Bakaranbatu di Lubukpakam beberapa minggu terakhir berkurang. Akibatnya produk bawang langka dan harga jualnya di pasaran mengalami kenaikan.

Salah satu pedagang sayuran bernama Santi kepada SIB, Senin (8/4) menuturkan, kenaikan harga bawang merah dan putih sudah terjadi sejak satu bulan terakhir. Namun lonjakan atau kenaikan harga tertinggi terjadi dalam sepekan terakhir.

"Bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan beberapa minggu terakhir pak, kalo kami duga akibat pasokan yang kian menurun . Bawang putih kini mencapai Rp30.000 per Kg, sebelumnya hanya Rp20.000 per Kg. Bawang merah dari harga Rp24.000 per Kg kini naik menjadi Rp32.000 per Kg," ungkap Santi.

Hal senada dikatakan pedagang sayuran lainnya bernama Frengki Manik. Kenaikan harga katanya sudah terjadi sejak sebulan terakhir untuk bawang merah. Sementara untuk kenaikan harga bawang putih sudah terjadi dalam seminggu terakhir.

"Akibat mahalnya harga bawang itu membuat masyarakat yang membeli bawang menjadi berkurang dan pendapatan kami pun menurun dari penjualan bawang. Bapak tahu sendiri omset penjualan kami salah satunya dari penjualan bawang," keluh Manik.

Para pedagang itu juga memprediksi kalau harga bawang dan harga kebutuhan bahan pokok lainnya akan terus mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadhan, mengingat bulan suci tinggal hanya satu bulan lagi. "Kalau seperti ini kita lihat, kemungkinan harga bahan-bahan pokok akan mengalami kenaikan terus hingga bulan Ramadhan," papar Manik diaminkan pedagang lainnya.

Sesuai pantauan, selain harga bawang kenaikan juga terjadi pada bahan pokok lainnya seperti harga tomat. Sebelumnya Rp7.000 per Kg kini naik menjadi Rp11.000 per Kg. Sama seperti harga cabai juga mengalami kenaikan.(C06/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments