Sabtu, 23 Nov 2019

Dinas PPKPM Sidak ke Pasar Pantau Harga

Senin, 15 Juni 2015 16:08 WIB
SIB /Helman Tambunan SH)
Kadis PPKPM Berlin Doloksaribu bersama staf saat sidak ke Pasar Kota Pandan, Jumat (12/6).
Tapteng (SIB)- Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Penanaman Modal (PPKPM) Pemkab Tapteng sidak ke pasar Kota Pandan di Jalan P Sidempuan, Km 10 untuk memantau harga, Jumat (12/6). Sidak dipimpin Kadis PPKPM Berlin Doloksaribu didampingi Sekretaris Rasmin Simbolon, Admin PIHPS Hendro Purba dan Staf Bidang Perdagangan Janter Lumbanraja.

Berlin Doloksaribu mengatakan pemantauan ke pasar sudah dilakukan sejak Januari 2015, dimana hasilnya langsung dilaporkan ke Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Sistem Harga Pangan Komoditi Utama (Siharapanku) dan Posko Ketahanan Pangan Kabupaten Tapteng.

“Jadi pemantauan harga itu tidak hanya dilakukan menjelang Ramadhan, tetapi sudah berlangsung jauh sebelumnya. Meskipun kita belum memiliki pusat pasar permanen namun kita terus melakukan pemantauan ke pasar tradisional,” kata Berlin.

Menjelang bulan puasa, lanjut Berlin, hasil pemantauan yang dilakukan pihaknya ada trend kenaikan harga sejumlah komoditi, namun tidak begitu mengganggu. “Sebanyak 33 komoditi yang kita pantau terus menerus, ada beberapa yang naik, seperti gula, kacang dan minyak makan dan cabe,” sebutnya.

Pedagang Pasar Kota Pandan, Rida dan Fitri Marbun yang ditemui SIB di toko grosir Sembako miliknya mengakui kenaikan harga sejumlah harga bahan pangan tersebut, namun mereka sendiri harus mengikuti harga pasar untuk kelangsungan usaha. “Sebenarnya kalau kita memberdayakan produk lokal lewat peningkatan usaha kemungkinan tidak akan ada kenaikan harga, karena ketersediaan pangan dengan konsumen selalu berimbang,” kata Rida. (E05/q)




T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments