Rabu, 20 Nov 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Bisnis Air Tebu Laris Manis di Medan Dikordinir "Toke"

Bisnis Air Tebu Laris Manis di Medan Dikordinir "Toke"

bantors Minggu, 13 Oktober 2019 11:38 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Mengkonsumsi air tebu disebut bermanfaat bagi kesehatan kulit sampai menjaga kesehatan ginjal.Tebu mengandung nutrisi antara lain karbohidrat, protein, mineral,kalsium dan manfaat lainnya.

Bisnis minuman air tebu di Medan laris manis. Saat cuaca di Medan panas, pembeli umumnya minta dicampur es ,namun cuaca yang tidak stabil,misalnya mendung, pembeli tidak membutuhkan es lebih suka yang alami,ujar Wawan, pedagang air tebu menggunakan gerobak dorong di Jalan Palangkaraya Medan, Sabtu (12/10).

Memang, katanya, saat cuaca panas dagangan air tebu laris manis,bisa sampai 50 gelas per hari dengan harga Rp 5.000 per gelas.Namun cuaca yang tidak stabil misalnya mendung,hujan tentunya air tebu yang terjual minim paling 50 % .

"Umumnya pedagang air tebu berharap cuaca stabil, tidak panas dan tidak mendung.Tapi pelanggan setia saya cuaca stabil seperti ini selalu singgah di lapak jualan saya dan menikmati air tebu,ujar Wawan.

Sementara itu, Iman, pedagang di kawasan Polonia Medan mengatakan, dia sudah lama jualan air tebu. Terutama cuaca panas,jika cuaca mendung minim yang membeli. Harga jualnya juga Rp 5.000 per gelas. Saat kondisi laris manis dia kewalahan melayani pembeli.

Yang penting peralatan jualnya selalu bersih sehingga mengundang pembeli lain menjadi pelanggannya. Di lokasi dagangannya ini tempat lintasan orang-orang berkendaraan. Bisnis air tebu ini ada pasang naik atau pasang surut.

Ditanya, stok tebu,katanya, pengadaannya urusan pihak lain. Dia hanya pekerja dan menerima jasa.
Katanya, bisnis jual tebu ada di berbagai tempat dan yang mengolah air tebu sama, hanya sebagai pekerja.Semua peralatan yang digunakan disiapkan oleh pemilik misalnya gerobak dorong, mesin pemeras tebu dan lainnya ." Kami hanya sebagai pekerja mengolah sari tebu dan menerima upah bagi hasil, kami dikordinir seorang pemilik,"ungkapnya.

Menyinggung upah atau jasa yang diterimanya, baik Wawan maupun Iman secara terpisah, enggan memberi tahu. Yang pasti lumayan sekali,ungkap Wawan.

Menurut pantauan SIB, bisnis air tebu ada banyak di berbagai lokasi antara lain di Jalan Palangkara,juga Pasar Ramai,Jalan Stasiun, Jalan Sutomo, Jalan Cirebon, Jalan Pancing, Ring Road.

Ketika ditanya SIB, rencananya untuk memiliki usaha sendiri, dijawabnya tidak karena biayanya mahal dan untuk mendapat kualitas tebu yang baik untuk kebutuhan setiap hari sulit. Sedangkan apa yang dihasilkan cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari,ujarnya.
Pembeli umumnya mau air tebu yang baru diolah/ digiling, rasanya segar, meskipun kita sudah siapkan lebih dulu agar pembeli langsung minum. Makanya kita melayani pembeli sesuai selera mereka."Menggiling tebu, hanya sekejab saja kog,ungkapnya serius.
Salah seorang karyawan swasta yang lagi minum air tebu ketika ditanya SIB menyatakan, senang menikmati air tebu,apalagi khasiatnya baik untuk kesehatan,ujar Nita. (M2/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments