Senin, 10 Agu 2020
  • Home
  • Ekonomi
  • BEI: Penerapan XBRL Sarana Pendukung Sambut MEA

BEI: Penerapan XBRL Sarana Pendukung Sambut MEA

Jumat, 21 Agustus 2015 12:25 WIB
Jakarta (SIB)- Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan bahwa penerapan sistem Extensible Business Reporting Language (XBRL) merupakan salah satu sarana pendukung dalam menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Melalui sistem XBRL, investor membutuhkan data informasi bisnis setiap emiten termasuk di dalamnya laporan keuangan, saat ini masih banyak perbedaan antar negara mengenai standar akuntasi. Dengan adanya standarisasi laporan emiten maka akan meningkatkan kepercayaan bagi para investor, investor juga akan lebih nyaman untuk mendapatkan informasi," ujar Direktur Perdagangan BEI Alpino Kianjaya di Jakarta, Kamis (20/8).

Sistem XBRL ini, lanjut dia, juga akan mempermudah pemodal atau lembaga asing untuk meraih informasi kinerja emiten domestik sehingga diharapkan dapat mendorong peningkatan investasi di Indonesia.

"Saat ini Bursa masih melakukan pelatihan tata cara penggunaan XBRL kepada seluruh emiten," katanya.

Direktur Pengawasan Tarnsaksi BEI Hamdi Hassyarbaini menambahkan bahwa saat ini, Bursa menerapkan pelaporan emiten ke otoritas dengan menggunakan sistim parallel sampai dengan akhir tahun 2015.

"Jadi, emiten melakukan pelaporannya dengan dua tahap, yakni dengan cara manual dan XBRL," katanya.

Ia mengemukakan bahwa penerapan sitem XBRL direspon positif oleh kalangan investor karena memudahkan investor dalam mengolah data yang disampaikan emiten, salah satunya dalam mendapatkan akses data keuangan emiten.

"Dengan XBRL maka penyampaian pelaporan bisnis emiten menjadi lebih efektif dibandingkan sebelumnya yang masih manual," katanya.

XBRL merupakan standar format pelaporan bisnis yang telah digunakan secara global oleh berbagai institusi dan regulator pasar modal di dunia. Penerapan XBRL memungkinkan informasi bisnis yang akurat dapat didistribusikan secara efisien melalui internet, dan dapat langsung diolah sesuai dengan kebutuhan investor dan pengguna data lainnya di seluruh belahan dunia.

BEI mulai bergabung menjadi anggota XBRL international pada 26 Februari 2015 dan terus aktif berpartisipasi dalam implementasi dan pengembangan XBRL. (Antara/k)




T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments