Selasa, 17 September 2024

Bursa Asia Bergerak Flat, IHSG dan Rupiah Terkoreksi Positif

Nelly Hutabarat - Selasa, 10 September 2024 21:43 WIB
130 view
Bursa Asia Bergerak Flat, IHSG dan Rupiah Terkoreksi Positif
FOTO - ISTIMEWA
Main Hall Bursa Efek Indonesia dengan layar pergerakan IHSG.
Medan (harianSIB.com)
Pasar saham di kawasan Asia pada perdagangan hari ini ditutup cenderung flat, meskipun mayoritas bursa mencatatkan penguatan.

Di dalam negeri, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil mencatatkan kenaikan sebesar 0,76%, ditutup pada level 7.761,39.

IHSG terus bergerak di zona hijau sepanjang sesi perdagangan, didorong oleh saham-saham seperti BREN, BBRI, GOTO, BBCA, PANI, dan AMRT yang menjadi pendorong utama penguatan.

Baca Juga:

Pada sektor valuta asing, nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS ditutup menguat tipis di level Rp15.445 per dolar AS.

"Baik IHSG maupun Rupiah bergerak dalam rentang terbatas sepanjang perdagangan hari ini, dengan minimnya agenda ekonomi eksternal menjadi salah satu faktor yang menahan volatilitas pasar di Asia," kata Ekonom Gunawan Benyamin, Selasa (10/09/2024).

Baca Juga:

Di pasar domestik, sentimen positif juga muncul dari rilis data penjualan ritel Indonesia yang mencatat kenaikan signifikan. Selama bulan Juli, penjualan ritel meningkat 4,5% secara tahunan (YoY), lebih tinggi dibandingkan kenaikan 2,7% pada bulan Juni. Membaiknya data ini memberikan dampak positif terhadap pasar saham dan nilai tukar Rupiah.

Namun, kenaikan penjualan ritel tersebut beriringan dengan peningkatan pengeluaran masyarakat, yang sejalan dengan naiknya daya beli di berbagai kalangan. Hal ini dinilai sebagai faktor yang wajar dan telah direspons positif oleh para pelaku pasar.

Sementara itu, di pasar komoditas, harga emas dunia melemah tipis ke level 2.506 dolar AS per ons troy, atau setara dengan sekitar Rp1,25 juta per gram. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru