Jumat, 20 September 2024

Le Minerale Jadi Pilihan Utama di Tengah Boikot Produk Multinasional Terafiliasi Israel

Donna Hutagalung - Rabu, 28 Agustus 2024 19:15 WIB
233 view
Le Minerale Jadi Pilihan Utama di Tengah Boikot Produk Multinasional Terafiliasi Israel
Foto: SNN/Int
Ilustrasi air minum dalam kemasan
Jakarta (harianSIB.com)
Le Minerale, merek air minum dalam kemasan asli Indonesia, kini menjadi pilihan utama masyarakat di tengah maraknya boikot terhadap produk multinasional yang diduga terafiliasi dengan Israel.

Berdasarkan survei terbaru GoodStats, Le Minerale dipilih oleh 47,4% responden sebagai pengganti utama produk yang diboikot.

Survei yang dilakukan oleh GoodStats dari 15 hingga 28 Juli 2024 melibatkan 1.000 responden secara online. Hasilnya menunjukkan 70,2% responden mendukung gerakan boikot, dengan 81,5% dari produk yang diboikot adalah makanan dan minuman.

Baca Juga:

Managing Editor GoodStats, Iip Aditiya, dalam siaran pers yang diterima harianSIB.com, Rabu (28/8/2024), menegaskan, hasil ini menunjukkan semakin tingginya kepercayaan masyarakat terhadap produk lokal berkualitas seperti Le Minerale.

Dede Syarif, Sosiolog dari UIN Sunan Gunung Jati, menyoroti bahwa dukungan masyarakat terhadap boikot Israel sangat kuat, terutama karena adanya produk alternatif lokal yang tersedia. Ia menjelaskan, gerakan ini turut mendorong konsumen untuk memilih produk dalam negeri.

Baca Juga:

Algooth Putranto, Dosen Branding dan Komunikasi dari Universitas Pembangunan Jaya, menambahkan, kemudahan dalam menemukan produk pengganti saat ini membuat boikot lebih efektif dibandingkan 10 tahun lalu.

Ia berharap gerakan boikot ini terus berlanjut dan tidak bersifat sementara, agar memberikan dampak yang nyata.

Survei GoodStats ini juga menunjukkan 95,3% responden mengetahui gerakan boikot, dengan 77,2% di antaranya menghindari produk terafiliasi Israel sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina. Faktor utama yang mendorong aksi boikot ini adalah rasa solidaritas tersebut, diakui oleh 68,1% responden.

Dengan kepercayaan publik yang semakin besar, produk lokal seperti Le Minerale memiliki peluang lebih besar untuk bersinar di pasar domestik. (*)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru