Minggu, 08 September 2024

Naslindo Sirait Dorong UMKM Ikut Berkoperasi

Danres Saragih - Kamis, 18 Juli 2024 19:05 WIB
255 view
Naslindo Sirait Dorong UMKM Ikut Berkoperasi
Ist/SNN
Dr Naslindo Sirait MM
Medan (harianSIB.com)
koperasi-dan-ukm-sumut/" target="_blank">Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Dr Naslindo Sirait SE MM mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumut berkoperasi.

"Jangan berusaha secara individu, karena dengan bersatu dalam koperasi, permasalahan permodalan bisa diselesaikan, termasuk pemasaran bersama dan adopsi teknologi yang lebih baik," kata Naslindo Sirait kepada Jurnalis SIB News Network (SNN), Kamis (18/7/2024).

Naslindo menyoroti berbagai masalah yang dihadapi UMKM seperti keterbatasan modal, masalah pemasaran dan adopsi teknologi. Apalagi ekonomi saat ini semakin terhubung dengan digitalisasi, sehingga ketiga persoalan harus segera diatasi.

Baca Juga:

"Sekitar 42 persen UMKM mengalami keterbatasan atau masalah dalam permodalan. Masalah kedua adalah pemasaran dan yang ketiga adalah adopsi teknologi. Hari itu ekonomi kita semakin terhubung dengan digitalisasi sehingga ketiga persoalan ini harus segera diatasi," ungkapnya.

Menurutnya, pendekatan kolektif itu akan membantu UMKM mengatasi keterbatasan modal, meningkatkan pemasaran, dan adopsi teknologi secara lebih efektif.
"UMKM sering menghadapi masalah karena skala ekonominya kecil, sehingga sulit bersaing di pasar bebas yang penuh dengan kapital dan akses luar biasa," ujarnya.

Baca Juga:

Dalam kesempatan tersebut Naslindo Sirait menyebutkan pentingnya pengembangan UMKM dalam meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia. Menekankan bahwa dukungan terhadap pertumbuhan UMKM sangat penting karena negara maju memiliki rasio kewirausahaan yang tinggi.

Jika Indonesia ingin maju, rasio entrepreneur harus mencapai setidaknya 4 persen. Saat ini Indonesia belum mencapai angka tersebut, tetapi sudah mendekatinya.

Dalam upaya mencapai target tersebut, Naslindo menggarisbawahi pentingnya mendorong kewirausahaan muda dan membantu UMKM yang ada untuk naik kelas dengan meningkatkan omset dan kekuatan kelembagaan. (**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
komentar
beritaTerbaru