Jumat, 20 September 2024

Harga Tiket Pesawat Indonesia Meroket, Urutan Kedua Tertinggi di Dunia

Robert Banjarnahor - Rabu, 17 Juli 2024 11:11 WIB
366 view
Harga Tiket Pesawat Indonesia Meroket, Urutan Kedua Tertinggi di Dunia
Foto: SM News
Ilustrasi tiket pesawat
Medan (harianSIB.com)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa harga tiket pesawat di Indonesia adalah yang termahal kedua di dunia setelah Brasil.

Pernyataan ini disampaikan melalui akun Instagram pribadinya pada Minggu, 14 Juli 2024, dilansir dari Kompas.com.

Luhut menjelaskan, bahwa tingginya harga tiket pesawat disebabkan oleh peningkatan aktivitas penerbangan pasca-pandemi Covid-19.

Baca Juga:

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama, Nia Niscaya, menanggapi bahwa upaya penurunan harga tiket pesawat masih dalam tahap pembahasan. Ia menekankan pentingnya kerja sama berbagai kementerian untuk menyelesaikan isu ini.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat ini mempromosikan penerbangan baru dan penambahan frekuensi sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pergerakan wisatawan domestik dan mancanegara.

Baca Juga:

Luhut menambahkan bahwa pihaknya sedang menyiapkan langkah-langkah efisiensi untuk menurunkan harga tiket pesawat, termasuk evaluasi biaya operasi pesawat dan identifikasi komponen biaya terbesar seperti Cost Per Block Hour (CBH).

Strategi lain yang sedang dirumuskan meliputi pembebasan bea masuk dan pembukaan Lartas barang impor tertentu untuk kebutuhan penerbangan, serta penyesuaian mekanisme perhitungan. (*)

Editor
: Robert Banjarnahor
SHARE:
komentar
beritaTerbaru