Rabu, 18 Sep 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • 2019 PGN Targetkan Bangun 11.216 Sambungan Jargas di Medan dan Deliserdang

2019 PGN Targetkan Bangun 11.216 Sambungan Jargas di Medan dan Deliserdang

admin Selasa, 10 September 2019 17:41 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Pelanggan jaringan gas (Jargas ) Medan dan Deli Serdang sudah bisa merasakan manfaat Program Jargas dari pemerintah, meskipun masih ada beberapa tempat yang belum hidup gasnya, karena masih menunggu konversi peralatan gasnya (kompor) di calon pelanggan jargas yang masih berlangsung.

"Selain hemat dan aman, penggunaan gas bumi sebagai bahan bakar lebih efisien dibanding bahan bakar lain," kata Sales Area Head Perum Gas Negara Medan, Saeful Hadi, di kantornya Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (9/9).

Dia membenarkan, adanya pelanggan Jargas yang mempertanyakan pembayaran gas, besaran pembayaran per bulan yang dinilai tidak sesuai dengan perkiraan awal. Dijelaskannya, pelanggan jargas ada yang sudah menggunakan gas sejak Februari 2019 sampai Juli 2019 yang ditagihkan sesuai rekeningnya bulan Agustus 2019". Jadi untuk meringankan pelanggan maka PGN membuat kebijakan pembayaran dapat dicicil kepada pelanggan jargas," ujar Saeful didampingi SSM Reps Area Medan Yusnani sambil menyebutkan, kebijakan untuk memberi kemudahan pembayaran itu karena adanya pelanggan jargas yang menanyakan pembayaran gasnya tidak sesuai dengan perkiraan awal.

Dijelaskannya, tagihan Agustus terdiri pemakaian gas bulan Juli ditambah cicilan pemakaian gas bulan sebelumnya. Sedangkan untuk pembayaran bulan berikutnya akan diberlakukan sama yakni rekening Agustus ditambah pembayaran cicilan pemakaian gas dari pertama kali. Untuk selanjutnya pembayaran akan berlaku normal setiap bulannya setelah cicilan tagihan dibayar.

Selanjutnya Saeful mengatakan, tarif harga jargas ditetapkan R1 Rp 4.250 dan R2 Rp 6.250 per M3. Pemakaian gas dari Februari sampai Juni 2019 dengan tagihan mulai dari Rp50.001 hingga Rp 100.000 dapat dicicil maksimum 3 bulan atau sesuai dengan pemakaian.

Pelanggan Jargas, katanya bisa menghitung berapa tarif yang akan dibayarkannya dengan mengkalikan tarif Jargas dengan berapa m3 yang dipakai tentunya dengan melihat dari meteran masing-masing pelanggan".

Dia meminta pelanggan dapat membayar gas tepat waktu mulai 6-20 setiap bulannya. Tentunya semua ini untuk menghindari denda dan pemutusan aliran gas.

"Pembayaran rekening gas bisa dilakukan melalui ATM sejumlah bank, kantor pos, minimarket dan loket pembayaran lain yang telah bekerjasama dengan PGN," kata Saeful.

Untuk menghindari denda dan pemutusan aliran gas, Saeful mengimbau agar pelanggan membayar gas tepat waktu mulai tanggal 6-20 tiap bulannya.

Di kesempatan itu Saeful memberi tips jika tercium bau gas maka harus mematikan keran yang terdapat di meteran dan keran yang tersambung di kompor dan pintu dan jendela rumah dibuka agar gasnya keluar.

Jika mencium bau gas, jangan menyalakan api dan listrik, karena bisa menyambar ke gas. Selanjutnya segera hubungi call center PGN 1500645.

Saat ini PGN sudah membangun 4101 jaringan ditribusi gas bumi di Kota Medan dan Deli Serdang. "Kami 2019 ini menargetkan 11.216 sambungan warga terdiri Medan 5.656 dan Deliserdang 5.560," jelasnya. (M2/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments