Jumat, 26 April 2024

Pertamina Lipat Gandakan Belanja Modal Sektor Gas

- Senin, 24 Februari 2014 16:55 WIB
 Pertamina Lipat Gandakan Belanja Modal Sektor Gas
Sib/int
Ilustrasi produksi gas
Jakarta (SIB)- PT Pertamina (persero) menganggarkan investasi di sektor gas meningkat tajam menjadi USD1,015 miliar tahun ini. Angka itu naik lebih dari dua kali lipatnya dari tahun sebelumnya yang sebesar USD 437 juta.

Juru Bicara Pertamina Ali Mundakir menyatakan belanja modal tersebut untuk mendukung proyek-proyek infrastruktur Pertamina yang sedang on going seperti pipa dan regasifikasi Arun. Selain itu juga untuk menambah jumlah stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di kawasan Jabodetabek.
"Awal tahun ini ada 6 yang akan beroperasi, kedepannya akan ada tambahan dua belas lagi," katanya Sabtu 22 Februari 2014.

Dalam hitungan kasar kata dia setidaknya dibutuhkan dana Rp 70 miliar untuk pembangunan SPBG. Adapun untuk sumber dana, ia mengatakan akan berasal dari kas internal dan juga pinjaman.

Pertamina menargetkan laba bersih tahun ini naik 13 persen menjadi US$ 3,44 miliar (Rp 41,9 triliun) dibandingkan target 2013 sebesar US$ 3,05 miliar (Rp 37,2 triliun). Ali mengatakan perolehan laba tahun depan akan ditopang oleh target pertumbuhan dari bisnis perseroan di sektor hulu dan hilir.

“Dalam rancangan kerja dan anggaran perusahaan, pemegang saham mematok target pertumbuhan aset konsolidasian menjadi sebesar US$ 52,6 miliar atau naik sekitar 13 persen dari target tahun ini,” ujarnya.

Menurut dia, target perolehan laba tahun ini akan didukung oleh target pertumbuhan pendapatan sebesar US$ 79 miliar atau setara dengan Rp 830 triliun dengan asumsi kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat Rp 10.500. Target pendapatan itu naik 6 persen dibandingkan prognosa 2013 sebesar US$ 74,26 miliar.  Angka proyeksi pendapatan Pertamina melampaui target RKAP yang ditetapkan pada awal 2013 yang dipatok sebesar US$ 65,22 miliar.

Dengan target pendapatan itu, maka laba usaha Pertamina tahun ini diperkirakan mencapai US$ 6,67 miliar. “Target peningkatan pendapatan dan laba usaha didasarkan pada proyeksi pencapaian semua lini bisnis Pertamina," kata Ali.

(Tempo.co/d)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Masa Mudik Lebaran, Konsumsi BBM Pertamina Meningkat Hingga 42% di Sumut
UPTD Metrologi Legal - Pertamina - Polres Pematangsiantar Monitor SPBU untuk Cegah Kecurangan
Polda Sumut dan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Cek SPBU di Medan, Pastikan Produk BBM Tepat Jumlah
Pastikan Kelancaran Penyaluran Energi, Manajemen Pertamina Patra Niaga  Regional Sumbagut Kunjungi Terminal BBM Sibolga
Dirut Pertamina Patra Niaga Gerak Cepat Cek Kesiapan Layanan Avtur di AFT Kualanamu
Pompa BBM Tersambar Petir, Pertamina Jamin Stok BBM Aman Untuk Kabupaten Palas
komentar
beritaTerbaru