Selasa, 20 Agu 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Bank Syariah Mandiri Raup Rp 4,45 Triliun dari Bisnis Gadai Emas

Bank Syariah Mandiri Raup Rp 4,45 Triliun dari Bisnis Gadai Emas

Sabtu, 25 Januari 2014 14:10 WIB
SIB/Ist
Jakarta  (SIB)- PT Bank Syariah Mandiri (BSM) mencatat perolehan omzet gadai emas per 31 Desember 2013 mencapai Rp 4,45 triliun. Tahun ini, pihaknya bakal menargetkan kenaikan omzet gadai emas mencapai Rp 5,2 triliun.

Untuk meningkatkan omzet, pihaknya terus melakukan ekspansi dengan menambah Konter Layanan Gadai (KLG). Hari ini, BSM dan Bank Mandiri memulai operasional Konter Layanan Gadai (KLG) di Bank Mandiri Pasar Baru, Jakarta.

Direktur BSM Hanawijaya mengatakan, Bank Mandiri selaku induk perusahaan dan BSM selaku anak perusahaan sepakat mengembangkan layanan gadai emas.

"Bentuk layanan yang disepakati mencakup dua hal yakni Referral dan Konter Layanan Gadai," kata Hanawijaya dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (24/1/2014).

Untuk tahap awal, Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri sepakat membuka empat outlet yaitu di Makassar, Surabaya, Jakarta-Pasar Baru, dan Gedung Antam, Jakarta.

Hnawijaya menyebutkan, hingga Desember 2013, omzet total keempat outlet tersebut mencapai Rp 10,7 miliar.

Kerjasama ini memberi manfaat bagi kedua perusahaan. Bagi BSM sinergi dengan induk perusahaan yang memiliki lebih dari 1.800 cabang ini mempercepat pengembangan layanan gadai syariah untuk masyarakatSementara bagi Bank Mandiri sinergi ini dapat meningkatkan Fee Based Income (FBI), dan memperluas pasar bisnis.

Dia mengatakan, selain dengan induk perusahaan, BSM juga telah bekerja sama layanan gadai emas dengan PT Pos Indonesia.

Grand Launching KLG BSM di PT Pos dilakukan 21 Maret 2013 di Bogor, Jawa Barat. Jumlah outlet KLG BSM di PT Pos Indonesia mencapai 32 di seluruh Indonesia dengan omzet per 31 Desember 2013 mencapai Rp 114,23 Miliar.

Obyek gadai emas BSM adalah emas batangan dan perhiasan 16- 24 karat. Jangka waktu pembiayaan gadai emas adalah empat bulan dan dapat diperpanjang maksimal dua kali.

Nilai pembiayaan gadai berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 250 juta dengan finance to value 90% dari nilai taksiran.

BSM saat ini memiliki 419 Konter Layanan Gadai. Selain Gadai Emas, BSM juga memiliki produk Cicil Emas BSM.
(dTF/W)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments