Jumat, 20 Sep 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • ATM Hanya Ada di Kota Besar, Pelosok Pedesaan Masih Minim

ATM Hanya Ada di Kota Besar, Pelosok Pedesaan Masih Minim

Kamis, 30 Januari 2014 15:14 WIB
SIB/int
Mesin ATM
Jakarta (SIB)- Indonesia telah memiliki jaringan Anjungan Tunai Mandiri atau ATM hingga 68.000. Sayangnya ATM ini masih tersebar di kota-kota besar dan belum menjangkau pelosok pedesaan.

"Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 perlu ada penyebaran ATM. Bukan hanya di kota besar, namun juga harus dapat menjangkau pelosok pedesaan," ungkap Vice President PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ATM Bersama) Zul Irfan saat acara Seminar Nasional Artajasa 2014 di Ritz Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (29/1).

Menurut Zul, penyediaan ATM di desa-desa diperlukan guna mempermudah nasabah dan membuka akses perbankan. Selain ATM, mesin untuk menabung seharusnya juga disediakan.

"Ini kuncinya sinergi dengan semua pihak. Di satu sisi Artajasa sudah membantu bank melengkapi yang tidak disediakan," ungkap Zul.

Potensi pasar Indonesia, menurut Zul cukup besar. Saat ini, sambungnya 45 juta penduduk sudah masuk dalam kelas konsumen. Hal ini bisa meningkatkan penetrasi dan jumlah penabung.

"Artinya ini adalah pasar yang sangat besar. Kelas konsumen itu mereka tidak lagi membutuhkan kebutuhan primer, namun di sana ada kebutuhan sekunder yang harus terpenuhi," terangnya. (dtf/x)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments