Selasa, 20 Agu 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • UI Gelar Konferensi Internasional Komunikasi, Diikuti 12 Negara

UI Gelar Konferensi Internasional Komunikasi, Diikuti 12 Negara

Minggu, 15 Juli 2018 16:43 WIB
Jakarta (SIB) -Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) menggelar konferensi komunikasi tingkat internasional. Ada perwakilan 12 negara yang ikut dalam konferensi tersebut.

Konferensi tersebut bertajuk 2nd Indonesia International Graduate Conference of Communication (2nd INDO IGCC) yang digelar sejak 11 Juli kemarin hingga 12 Juli 2018 hari ini di Kompleks FISIP UI Universitas Indonesia, Depok. Sekitar 100 mahasiswa pascasarjana Ilmu Komunikasi FISIP UI dan perwakilan 12 negara hadir dalam diskusi yang mengkaji dan mengangkat tema "Mode of Communication and Mode of Production from Human to Post Human" itu.

"Yang pertama kita membangun isu tentang post truth di mana saat itu gejala post truth sudah ada, kita melihat waktu di INDO IGCC yang pertama kasus Brexit dan Donald Trump menjadi presiden, atas dasar itu kita kemudian membangun ide bagaimana mengkaji post truth yang ada di Indonesia, alhamdulillah akhirnya ide post truth itu menyebar ke seluruh Indonesia dan jadi perbincangan di dunia akademis termasuk juga dunia praktisi dan professional," kata Ketua Tim Pelaksana 2nd INDO IGCC Irwansyah kepada wartawan, Kamis (12/7).

Soal post human yang menjadi tema 2nd INDO IGCC, Irwansyah mengulas soal perkembangan teknologi yang membuat ketergantungan. Harus ada upaya kolektif untuk memberi kesadaran agar manusia tak dikuasai oleh teknologi yang diciptakannya sendiri.

"Jika pengguna teknologi sekarang itu bijak maka mereka dapat cerdas memanfaatkan teknologi itu dengan jauh lebih baik karena selama ini ada kritik yang namanya post human itu dianggap menyebabkan manusia teramputasi tergantung dengan teknologi dan menginginkan hidup seperti teknologi yakni mekanis dan linear. Oleh karena itu kita berharap dengan dinamika masyarakat akademik yang sekarang bergeliat tentang post human maka, masyarakat dalam tatanan makro dan mikro itu kemudian bisa mengembangkan bahwa ide-idenya itu yang namanya teknologi itu ciptaan manusia, maka jangan tergantung dengan teknologi tersebut," sambung dosen pengampu mata kuliah Perspektif Industri Teknologi Komunikasi Pascasarjana Manajemen Ilmu Komunikasi FISIP UI itu.

Negara-negara yang ikut serta adalah Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Bangladesh, Finlandia, Norwegia, Australia, Pakistan, Norwegia, Belanda, Belgia dan Malaysia. Azman Azwan Azmawati dari Universiti Sains Malaysia yang didaulat menjadi pembicara dalam sesi akhir refleksi konferensi mengaku sangat tertarik dengan kajian posthuman dalam pendekatan pemikiran kritis. (detikcom/q)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments