Selasa, 10 Des 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Tuding Misbakhun di Twitter, Benny Handoko Dituntut Setahun Penjara

Tuding Misbakhun di Twitter, Benny Handoko Dituntut Setahun Penjara

Kamis, 09 Januari 2014 09:19 WIB
SIB/Int
Jakarta (SIB)- Sidang tuntutan dalam perkara pencemaran nama baik Mukhamad Misbakhun dengan terdakwa Benny Handoko (Benhan) digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) siang ini. Dalam persidangan ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Benny dengan hukuman 1 tahun penjara.

"Menyatakan Benny Handoko alias Benhan secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melakukan tindak pidana penghinaan dan pencemaran nama baik seperti yang diatur dalam pasal 27 ayat 3 Jo pasal 45 ayat 1 UU RI Tahun 2008 tentang ITE dengan pidana penjara selama 1 tahun dengan masa percobaan selama 2 tahun,"

Hal tersebut diucapkan JPU Fahmi Iskandar saat persidangan di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Rabu (8/1/2014). Alasan JPU memberikan hukuman selama setahun karena adanya beberapa hal yang memberatkan, yakni terdakwa Benhan tidak menyesali perbuatannya.

"Sementara hal-hal yang meringankan terdakwa adalah karena terdakwa belum pernah dihukum, mengakui secara terus terang perbuatannya, serta memperhatikan situasi, keadaan, keadilan dalam masyarakat setempat dan kearifan lokal, serta pandangan masyarakat terhadap tindak pidana yang terjadi," kata Fahmi.

Untuk menanggapi tuntutan, tim kuasa hukum meminta waktu 3 minggu kepada majelis hakim. Namun majelis hakim menyetujui penundaan selama 2 minggu.

"Sidang kembali dilanjutkan 2 minggu lagi pada tanggal 22 Januari 2014 dengan agenda menanggapi tuntutan," ujar ketua majelis hakim Suprapto sambil mengetok palu tanda berakhirnya sidang.

Benny Handoko duduk di kursi pesakitan karena dilaporkan Misbakhun ke Polda Metro Jaya atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik dan penghinaan melalui jejaring sosial Twitter. Dalam akun Twitternya @benhan, Benny Handoko menulis "Misbakhun sebagai perampok Bank Century." (Dtc/w)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments