Sabtu, 14 Des 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Selesai Natal dan Pelantikan Pengurus, Punguan Pakpahan Hutanamora Medan Siap Pulang Kampung

Selesai Natal dan Pelantikan Pengurus, Punguan Pakpahan Hutanamora Medan Siap Pulang Kampung

*Akhyar Nasution Ajak Punguan Pakpahan Dukung Program Medan Bersih
redaksi Senin, 02 Desember 2019 21:45 WIB
Foto SIB/ Horas Pasaribu
FOTO BERSAMA: Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution, Kadis Tenaga Kerja Hanna Lore Simanjuntak dan Kabag Agama Adlan, foto bersama pengurus BPH Punguan Pakpahan Hutanamora Kota Medan yang baru dilantik, Minggu (1/12) di Convention Hotel Danau Toba Medan. Tampak pengurus yang dilantik, Ketua Umum Egbert Pakpahan, Seketaris umum Efendi Pakpahan SE MM, Bendahara umum Drs Godfried Effendi Lubis MMdan pengurus lainnya.
Medan (SIB)
Punguan Pakpahan Hutanamora, boru, bere dan ibebere Kota Medan merayakan Natal dan pelantikan pengurus, Minggu (1/12) di Convention Center Hotel Danau Toba, Medan. Pelantikan diawali dengan ibadah Natal dengan pengkhotbah Pdt Bakhtiar Sirait. Kemudian dilanjutkan dengan pelantikan yang ditandai dengan penyerahan SK dan pataka kepada Ketua Umum Ir Egbert SH Pakpahan didampingi Seketaris umum Efendi Pakpahan SE MM, Bendahara umum Drs Godfried Effendi Lubis MMdan pengurus lainnya oleh penasehat.

Egbert dalam sambutannya mengatakan, selesai Natal dan pelantikan, punguan Pakpahan Hutanamora akan pulang kampung untuk "marsipature hutanabe" (membangun kampung halaman). Kegiatan pulang kampung diawali dengan menghadiri syukuran 50 tahun tugu Op Datu Ronggur Diaji di Pangaribuan dan syukuran renovasi tugu Pakpahan Hutanamora se dunia Desa Sosor Pasir, Onan Rungu Samosir.

"Karena salah satu kelemahan orang Batak adalah kurang memperhatikan kampung halaman setelah sukses di perantauan. Membangun kampung halaman akan kami lakukan dengan bantuan sosial dan bantuan pendidikan kepada keturunan Pakpahan yang kurang mampu dan berprestasi. Perhatian pendidikan kepada tunas-tunas Pakpahan ini tidak hanya di Medan, tapi juga membangkitkan semangat belajar kepada generasi penerus di bona pasogit. Dan kami siap mendukung program pembangunan Kota Medan," ucap Egbert di hadapan Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution yang hadir pada acara tersebut.

Akhyar Nasution mengatakan, program pembangunan Medan Rumah Kita tidak muluk-muluk dan tidak ribet. Pemko mengajak seluruh masyarakat menciptakan Medan bersih dan nyaman. Karena kalau bersih investor pasti mau datang. Warga jangan hanya bicara soal kebersihan kota lain tapi tidak sadar dengan kebersihan.

Persoalan Medan saat ini kata Akhyar adalah sampah, setiap hari satu orang menghasilkan sampah 0,7 kg sampah. Jika dikalikan 3 juta jiwa orang yang tinggal di Medan maka sampah setiap hari 2.100 kg, hanya 1500 kg yang diangkut petugas kebersihan dan 300 kg oleh tukang botot. Sisanya 150 ton lagi disembunyikan ke tanah kosong, parit dan sungai.

"Sampah tesebut diketahui ketika parit tumpat, saat kami turun membersihkan parit begitu banyak sampah kami temukan terutama sampah plastik. Makanya saya tidak mau membuat teori yang muluk-muluk untuk Medan, cukup membuat program Medan bersih. Ayo sama-sama kita buat Medan ini bersih," tuturnya. (M10/c)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments