Senin, 23 Sep 2019

Satgas Antimafia Skor Langsung di Bawah Kapolri

Admin Jumat, 21 Desember 2018 17:27 WIB
JAKARTA (SIB)  -Kapolri Jenderal Tito Karnavian berkomitmen membentuk satgas untuk memberantas mafia skor dalam pertandingan sepak bola. Satgas akan bekerja sama dengan PSSI dan dengan stakeholders terkait. Satgas langsung dikendalikan oleh Kapolri sendiri.

"Termasuk personil-personilnya akan dipilih yang memiliki kualifikasi di bidang penyidikan. Di dalam satgas ini juga ada subsatgas yang juga akan melakukan investigasi atau melakukan penyidikan di dalam setiap pertandingan," kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo Kamis (20/12).

Penyelidik juga bekerja sama dengan PT Liga Indonesia Baru dan juga orang-orang yang akan dijadikan whistle blower bila ada dugaan curang tersebut.

"Sub satgas penyidikan turun ketika jelas ada satu pidana tertentu, maka kasusnya akan ditingkatkan dari penyelidikan menjadi penyidikan dan di-takeover subsatgas," jelasnya.

Calon tersangka yang dibidik adalah mereka yang terkait langsung dengan pengaturan skor. Kelak tindak itu bisa saja dikenakan pidana penipuan 378 KUHP.
"Misalnya ini kena penyuapan (ke aparatur negara) bisa kita terapkan barang siapa yang memberikan suap atau menerima suap akan kena," kata Dedi.

Menurut Dedi, satgas juga akan menangani pengaturan skor masa lalu. Polisi sudah menemukan beberapa kasus itu tetapi alat bukti masih belum cukup pada waktu itu. (SP/c)
Editor: Admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments