Jumat, 18 Okt 2019

SMRC : Kinerja Pemerintah Dinilai Buruk

Jumat, 10 Januari 2014 15:24 WIB
Jakarta (SIB)- Masyarakat Indonesia menilai kinerja pemerintah saat ini masih buruk, demikian hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).
"Kondisi umum politik, hukum dan ekonomi Indonesia dinilai buruk," kata Pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam paparannya di acara Refleksi 15 Tahun Kinerja Demokrasi Indonesia, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, survei membuktikan bahwa masyarakat menilai kinerja pemerintah terkait kondisi korupsi dan politik adalah yang paling buruk.

"Makin banyak jumlah kasus korupsi yang terungkap ke publik. Publik jadi semakin melihat bahwa pemerintahan Indonesia lekat dengan praktik korupsi," katanya.

Sementara penilaian masyarakat terhadap pelaksanaan demokrasi menunjukkan hasil yang cukup memuaskan.

Namun demikian, dalam 10 tahun terakhir ada kecenderungan peningkatan jumlah responden yang tidak puas atas pelaksanaan demokrasi di tanah air.

Saiful menambahkan, penilaian bervariasi terhadap kinerja pemerintah dan pelaksanaan demokrasi di Indonesia bergantung pada tingkat pendidikan dan kelompok umur responden serta urbanisasi.

Kelompok umur tua dengan pendidikan yang rendah dan tinggal di pedesaan cenderung menilai positif kinerja pemerintah. Sebaliknya, kelompok umur muda berpendidikan yang tinggal di perkotaan mayoritas tidak puas dengan kinerja pemerintah saat ini.

"Orang-orang tua menilai kinerja pemerintah sudah baik. Kalau orang-orang muda menilai kualitas kerja pemerintahan masih buruk," katanya.

Lebih lanjut, pihaknya memperkirakan di masa depan, pelaksanaan demokrasi akan semakin baik karena kontrol massa akan semakin kuat terhadap pemerintah. Hal itu menurut dia, sejalan dengan tingkat pendidikan yang semakin baik dan meluasnya urbanisasi sehingga komitmen masyarakat terhadap demokrasi semakin kuat.

Dalam survei tersebut, SMRC mengambil sampel 1.220 orang yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah dari berbagai daerah. Sementara waktu pelaksanaan survei berlangsung pada 19 - 27 Desember 2013. (Ant)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments