Senin, 21 Okt 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Rombongan Badiklat Sumut Kunjungi Yokyakarta Perlunya Peningkatan Daya Saing SDM

Rombongan Badiklat Sumut Kunjungi Yokyakarta Perlunya Peningkatan Daya Saing SDM

Kamis, 09 Januari 2014 16:49 WIB
SIB/Ist
Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Utara Prof.Dr.H.Zainuddin saat memberi sambutan pada acara penerimaan rombongan peserta Obvsersavasi Lapangan PIM III Angkatan XCIII dari Prov.Sumut di kabupaten Sleman, Yogyakarta belum lama ini.
MEDAN (SIB)- Kepala Badan Diklat Provinsi Sumatera Utara Prof.Dr.H.Zainuddin menyatakan Badan Diklat merupakan salah satu wadah utama untuk meningkatkan daya saing SDM (Sumber Daya Manusia), dan  pelaksanaan kegiatan Observasi Lapangan yang dilakukan para peserta Diklat PIM III yang dipimpinnya bertujuan agar bisa memperoleh ilmu pengetahuan baru, terutama menyangkut berbagai perubahan tentang kepemimpinan dan system kerja yang efektif dan efisien.

Hal itu diungkapkan Prof.Dr.H.Zainuddin di hadapan para Pejabat Kabupaten Sleman, Yogyakarta  pada acara penyambutan kedatangan rombongan peserta Observasi Lapangan (OL) Diklat PIM Tkt III Angkatan XCIII  dari Provinsi Sumut belum lama ini. Menurutnya, observasi lapangan ke Kabupaten Slamen itu sebagai komperatif study bagi para peserta Diklat dari Sumut.

Rombongan terdiri dari pejabat pengelola, widyaiswara dan 35 peserta yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sumut, Provinsi Aceh dan Riau. Para rombongan menyatakan bangga karena dalam observasi lapangan itu telah mengetahui system pengelolaan administrasi pemerintahan kabupaten Sleman yang dibuktikan dengan banyaknya menerima perhargaan baik dari tingkat pusat , provinsi dan lembaga lainnya.

Di hadapan Bupati Daerah Kabupaten Sleman, dan undangan lainnya, Prof.Dr.H.Zainuddin menyampaikan rasa hormat atas penerimaan mereka, terutama dalam keramahtamaan dan keterbukaan (transparansi). Pada kesempatan itu Prof.Zainuddin juga telah memaparkan mengenai tujuan dan fungsi Diklan PIM serta berbagai kemajuan yang dicapai Badan Diklat Provinsi Sumut.

“Badan Diklat Provinsi Sumut kini memiliki 29 widyaiswara (dosen) yang sebagian besar telah menyelesaikan pendidikan formal S2 dan S3, serta memiliki sertifikat (training) di bidang kurikulum, pengajaran, kepemimpinan dan karakter building,” kata Prof.Zainuddin  dalam memperkenalkan profile singkat Badiklat Sumut yang dipimpinnya.

Selain itu, katanya, Widyaiswara Badiklat Sumut juga mengikuti berbagai pelatihan seperti Training of Traner, Training Officer Course . Yang tak kalah pentingnya, menurut Zainuddin,  adalah Badiklat Sumut telah memperoleh peningkatan status Akreditasi dari Lembaga Administrasi Negara RI yang tadinya  nilai C menjadi Nilai B, serta sertifikat ISO 9001-2008 Manajemen Mutu dari VNZ (Verification New Zealand Jakarta.

Sebagai Kepala Badiklat Sumut, Prof.Zainuddin juga menyinggung mengenai kemajuan yang dicapai Provinsi Sumut di bawah kepemimpinan duet Gubernur H.Gatot Pujo Nugroho dan Wakil Gubernur Ir.H.T.Erry Nuradi,M.Si, yang dibuktikan dengan  beroperasinya Bandara Internasional Kuala Namu pengganti Bandara Polinia Medan, serta percepatan pembangunan kawasan ekonomi Sei Mangke di Kabupaten Simalungun dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti Pelabuhan Laut Kuala Tanjung dan Belawan.

Prof.Zainuddin di depan pejabat tuan rumah juga menyebutkan harapan besar masyarakat Sumut untuk terbukanya lapangan kerja baru, termasuk bidang pariwisata Danau Toba dan kawasan penangkaran orang utan Bukti Lawang,. “Untuk mendukung terlaksanaksananya visi dan misi Gubsu tersebut, sangat dibutuhkan peningkatan kompetensi bagi SDM, khususnya bagi PNS dan masyarakat Sumut umumnya,” katanya.(R6/W)

 
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments