Minggu, 18 Agu 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Respon Kunjungan Presiden Jokowi ke KDT, Komite Danau Toba akan Gelar Seminar di Jakarta

Respon Kunjungan Presiden Jokowi ke KDT, Komite Danau Toba akan Gelar Seminar di Jakarta

admin Jumat, 09 Agustus 2019 21:35 WIB
SIB/Dok
RAPAT: Panitia Seminar "Danau Toba, Zona Wisata Dunia" rapat di Jakarta, Rabu (7/8). Dari kanan : Dr Wilson Rajagukguk (Sekretaris Panitia), St Edison Manurung SH MM (Ketum Komite Danau Toba), Drs Tonny Rons Hasibuan (Sekretaris Komite Danau Toba), Prof DR Gimbal Dolok Saribu (Ketua Panitia Seminar).
Jakarta (SIB) -Menyambut momentum kunjungan Presiden Jokowi ke Kawasan Danau Toba pada akhir Juli lalu, Komite Danau Toba (KDT) meresponnya dengan menggelar seminar bertema "Danau Toba, Zona Wisata Dunia" yang akan diadakan di Gedung Nusantara IV DPD RI, Senayan Jakarta, 19 September 2019.

Ketua KDT, Edison Manurung SH MM mengutarakan tujuan digelarnya seminar adalah agar program pelestarian Danau Toba dan kesejahteraan penduduk sekitar Danau Toba terwujud.

"Kita juga perlu dan harus mendukung dan melancarkan program presiden menjadikan Kawasan Danau Toba (KDT) sebagai kawasan wisata dunia. Cita-cita bapak presiden yang merupakan cita-cita kita semua ini diharapkan mendatangkan kesejahteraan bagi penduduk Danau Toba," ujar dia.

Jika pembangunan ekonomi KDT tercapai, tegas Edison, tentu saja harus dipastikan bahwa yang pertama menikmati pembangunan itu adalah penduduk lokal.

"Danau Toba dulunya merupakan danau yang indah dan menarik sebelum ada tangan-tangan yang menggerogotinya untuk mendapatkan keuntungan pribadi tanpa mempedulikan rusaknya lingkungan danau tersebut," kata Edison yang juga Staf Khusus Ketua DPD RI ini.

Kendati begitu, menurut Edison, tidak ada gunanya lagi untuk saling menyalahkan. "Ke depan kita harus berusaha menjadikan danau tersebut menjadi idola wisata banyak orang. Kita lihat saat ini banyak faktor yang harus dibenahi agar Danau Toba kembali asri seperti sedia kala bahkan berkembang," urai dia.

Lebih jauh, mantan Ketua DPP KNPI ini menjelaskan ada delapan topik yang akan dibahas dalam seminar tersebut, di antaranya "Pengembangan Danau Toba Menjadi Kawasan Wisata Dunia", "Penataan Ruang dan Pembangunan Danau Toba" dan "Penerapan Undang-undang Lingkungan Hidup di Kawasan Danau Toba".

Sementara keynote speaker dalam seminar tersebut adalah Ketua DPD RI Dr H Oesman Sapta Odang. Sedangkan para pembicara, antara lain Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala BKPM, Gubernur Sumatera Utara, Ketua DPR RI, KSP RI Jend. TNI (Purn) Moeldoko dan Menteri Pariwisata/BPODT.

"Diharapkan hadir juga Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Menteri Dalam Negeri, para Bupati se-kawasan Danau Toba (8 kabupaten), Kepala Dinas Lingkungan Hidup RI dan Sumut, para pengurus marga, menteri terkait pencemaran lingkungan, Kepala BKPM (keramba berstatus PMA), Ketua DPRD, Gereja-gereja di sekitar KDT, para dewan pakar (30 orang) dan kalangan akademisi kampus asal Sumut," tutup dia. (J03/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments