Sabtu, 24 Agu 2019

Potret Bukit Soeharto, si Calon Ibu Kota Indonesia

admin Kamis, 16 Mei 2019 15:23 WIB
IDNtims
CALON IBU KOTA : Calon ibu kota Indonesia terletak di Bukit Soeharto akan dibangun tol yang menghubungkan Samarinda-Balikpapan, juga terletak dekat Bandara APT Pranoto di Samarinda dan Bandara SAMS Sepinggan.
Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo pada 7 Mei 2019 berkunjung ke Taman Hutan Rakyat Bukit Soeharto, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal itu dilakukan sebagai usahanya mewujudkan wacana lama memindahkan ibu kota negara dari Jakarta, setelah dia merevisi rencana tersebut pada rapat kabinet terakhir.

Bukit Soeharto yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur menjadi calon ibu kota baru selain Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. Jokowi mengatakan bahwa infrastruktur di Bukit Soeharto yang terletak antara Samarinda dan Balikpapan tersebut mendukung untuk menjadi ibukota negara yang baru.

Lantas bagaimanakah mengenai Bukit Soeharto tersebut?
1. Bukit Soeharto wilayahnya sebagian besar merupakan hutan hujan tropis yang didominasi oleh jenis dipterokarpa seperti meranti dan ulin.

2. Berdiri pusat konservasi satwa endemik Kalimantan Timur yang dikelola oleh Yayasan Penyelamatan Orang Utan Borneo Samboja
3. Kawasan wisata alam Bukit Bangkirai yang nyaman untuk dinikmati, terkenal dengan adanya canopy bridge sepanjang 300 m

4. Tempat liburan asyik sambil belajar dengan mengunjungi Kebun Raya Balikpapan bersama anak-anak

5. Peneliti luar negeri menjadikan Bukit Soeharto sebagai rujukan untuk riset tentang hutan hujan tropis

6. Tersedia wilayah yang dijadikan sebagai Hutan Pendidikan dan Penelitian Bukit Soeharto

7. Akhir tahun 2019, Bukit Soeharto yang terletak di antara Samarinda-Balikpapan akan terhubung oleh jalan tol sepanjang 99 km

8. Perjalanan melewati Bukit Soeharto dapat ditemukan tempat ibadah yang ikonik, Masjid Muhammad Cheng Hoo

9. Bukit Soeharto dekat dengan dua bandara internasional, yaitu Bandara APT Pranoto di Samarinda dan Bandara SAMS Sepinggan. (IDN Times/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments