Rabu, 23 Okt 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Pengamat: Duet Jokowi-Pakde Karwo Jadi Alternatif Pemimpin Nasional

Pengamat: Duet Jokowi-Pakde Karwo Jadi Alternatif Pemimpin Nasional

Kamis, 09 Januari 2014 16:47 WIB
SIB/int
Joko Widodo
Jakarta (SIB)- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) dinilai sebagai sosok pemimpin yang memiliki kemiripan. Kemiripan tersebut ternyata bukanlah aksi blusukan atau kebijakan ekonomi yang dianut masing-masing tokoh.

"Tipe Pak Jokowi dan Pakde Karwo memiliki kesamaan, yakni egaliter kepemimpinannya dan mau terjun ke tengah-tengah masyarakat," kata pakar politik dari Universita Airlangga, Suko Widodo melalui siaran pers, Selasa (7/1) malam.

Widodo menambahkan, dari kemiripan itu Jokowi dan Pakde Karwo bisa menjadi pasangan capres dan cawapres alternatif. Ia pun menilai modal yang dimiliki keduanya telah saling mengisi dan patut diperhitungkan dalam tahun politik saat ini.

"Pak Jokowi bisa mengatur hubungan internasionalnya, karena selain berpengalaman sebagai politisi juga pengusaha. Sedangkan urusan birokrasi dan pemerintahan, Pakde Karwo memiliki pengalaman birokrasi yang luar biasa. Keduanya juga memiliki kekuatan massa yang luar biasa, bisa mewakili barat dan timur. Keduanya sangat cocok dan juga memiliki basis massa yang kuat karena didukung rakyatnya. Saya kira duet ini bagus, tapi tergantung pemilu nanti," ujar Widodo panjang lebar.

Pria yang juga mengajar sebagai dosen itu kemudian menjabarkan prestasi Pakde Karwo dalam memimpin Jawa Timur juga prestasi Jokowi membawa Jakarta Baru. Walau keduanya hanya seorang kepala daerah, namun masalah yang dihadapi menyerupai kerja seorang pemimpin nasional.

"Intinya untuk menjadi pemimpin nasional, harus memiliki modal dasar pernah menjadi pemimpin wilayah. Kalau pemimpin wilayah kan ada masalah pertanian, kependudukan, pembangunan ekonomi, pemenuhan kebutuhan masyarakatnya dan pemecahan masalah lainnya," tutup Widodo. (detikcom/d)
T#gs Jokowi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments