Kamis, 20 Jun 2019

Pansel Sosialisasi ke 8 Provinsi Jaring Capim KPK dari Daerah

admin Rabu, 12 Juni 2019 20:59 WIB
SIB/ANT/Akbar Nugroho Gumay
PANSEL KPK: Anggota Pansel KPK Diani Sadia Wati (kiri) dan Al Araf memberikan keterangan saat konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (11/6). Tim Pansel KPK akan mengunjungi sejumlah lembaga hukum seperti KPK, Polri dan Kejaksaan untuk meminta masukan.
Jakarta (SIB) -Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Capim) KPK akan melakukan sosialisasi ke delapan provinsi. Kegiatan itu bertujuan menjaring calon pemimpin KPK dari daerah.

"Kita akan menjaring calon-calon dari daerah, pansel akan sosialisasi ke daerah, yaitu ke 8 provinsi. Pertama ke Malang (Jawa Timur) yang berangkat (Pansel Calon Pimpinan KPK) Pak Hendardi," ujar anggota Pansel KPK Diani Sadia Wati di Gedung Setneg, Jakarta, Selasa (11/6).

"Semarang (Pansel) Hamdi Muluk, Ibu Harkristuti ke Bandung, Mualimin ke Surabaya, Markus ke Pontianak, saya ke Pekanbaru, dan Mas Araf ke Yogya," lanjutnya.

Diani mengatakan Pansel akan transparan untuk setiap proses dalam seleksi calon pemimpin KPK. Untuk itu, Pansel Calon Pimpinan KPK juga akan berkunjung ke Pimpinan KPK, Jaksa Agung, hingga ke Kapolri.

"Untuk besok (Rabu, 11/6), kita akan melakukan kunjungan ke pimpinan instansi di KPK, seluruh pansel kunjungan ke KPK jam 9. Siang harinya pukul 11.00 WIB akan bertemu dengan Bapak Jaksa Agung; 13 Juni akan bertemu dengan Bapak Kapolri di kantor beliau," katanya.

Pansel KPK telah membuka pendaftaran calon pimpinan KPK mulai 17 Juni hingga 14 Juli 2019. Dalam masa pendaftaran tersebut, Pansel Calon Pimpinan KPK akan berkunjung ke daerah dan juga organisasi masyarakat (ormas) untuk melakukan sosialisasi.

"Jadi kita lakukan dalam kurun waktu pendaftaran 17 Juni-14 Juli ke pimpinan ormas, 2 Juli. Organisasi lintas agama akan dilakukan (2 Juli) pukul 09.00 WIB sampai 10.00 WIB tepatnya di ruang rapat lantai 3 Kementerian Setneg. Dengan mantan pimpinan KPK pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB, dan dengan pimpinan NGO juga penting, akan dilakukan pada hari itu juga pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB, dan juga dengan ketua wadah pegawai KPK pukul 15.00 WIB hingga 16.00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, dokumen pendaftaran calon pimpinan KPK sudah mulai dapat diunduh di situs resmi Setneg.

"Karena resmi dibuka 17 Juni mohon disampaikan dokumen-dokumen yang memang sudah disampaikan di pengumuman dapat diunduh hari ini, mulai riwayat hidup, kesehatan, www.setneg.go.id. Dan tetap pendaftarannya dimulai 17 Juni sampai 4 Juli ini memperlihatkan antusiasme masyarakat untuk melamar itu besar dan dapat diunduh dokumen yang diperlukan," tuturnya.

Gandeng LSM
Pansel Capim KPK juga akan melakukan kerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti Transparansi Internasional Indonesia dalam menjaring kandidat capim KPK.

"Kami bekerjasama dengan Transparansi Internasional Indonesia (TII), daerah ini jadi pilot TII apakah udah ada calon-calon," ujar anggota Pansel Capim KPK Al Araf, di Kantor Setneg.

Al Araf melanjutkan, kandidat capim KPK yang sudah terjaring oleh TII akan didiskusikan bersama, termasuk dengan pihak dari perguruan tinggi hingga LSM.

"Akan membahas bersama-sama karena di sana akan diskusi dengan teman-teman perguruan tinggi, CSO (civil society organization/LSM), tentu media dan ini pun dilakukan oleh pansel terbuka mengakomodasi," katanya. (detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments