Minggu, 17 Nov 2019

PVMBG: Erupsi Gunung Marapi Selama 17 Detik

Senin, 20 Januari 2014 11:47 WIB
SIB/int
Gunung merapi
Bukittinggi (SIB)- Petugas Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukittinggi, Warseno, mengatakan erupsi terjadi pada Gunung Marapi berlangsung selama 17 detik dengan ketinggian kolom erupsi 100 meter.

"Berdasarkan data seismig, erupsi gunung terjadi pukul 10.02 WIB. Status gunung masih waspada level-II," kata Warseno di Bukittinggi, Minggu.

Masyarakat di sekitar gunung serta para pendaki untuk tidak mendaki pada radius tiga kilometer dari pusat letusan atau kawah gunung.

Peningkatan aktivitas Gunung Marapi terjadi 3 Agustus 2011 dan sempat mengeluarkan abu vulkanik berbau belerang dengan ketinggian mencapai 1.000 meter dan menjangkau sejumlah daerah, seperti Agam, Tanah Datar, Padangpariaman, dan Padang Panjang.

Dalam kondisi aktif normal, gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang dan Tandikek itu menjadi salah satu tujuan bagi pendaki gunung dari dalam maupun dari luar Sumbar.

Setiap pergantian tahun, gunung itu selalu ramai oleh pendaki. Akses pendakian Gunung Marapi mudah dicapai. Jalur pendakian dimulai dari Kotobaru, Tanah Datar. Kawasan Gunung Marapi merupakan area konservasi di Sumbar, yakni Suaka Alam Merapi.  (Ant/h)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments