Selasa, 10 Des 2019

PUPR Punya Teknologi Beton Apung Ramah Lingkungan

Jumat, 29 Juni 2018 15:30 WIB
Jakarta (SIB)- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak hanya membangun infrastruktur, namun juga mengembangkan sejumlah teknologi untuk mendukung pembangunan itu sendiri.

Salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Kementerian PUPR melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) PUPR ialah Teknologi Modular Beton Apung untuk membangun Dermaga Apung. Dengan menggunakan teknologi ini, maka pembangunan dermaga apung pun menjadi lebih ramah lingkungan.

Salah satu lokasi yang terdapat Dermaga Apung dengan menggunakan Teknologi Modular Beton Apung ialah di Pantai Kalibaru, Kota Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta.

"(Di sana) menerapkan teknologi modular beton apung yang memiliki keunggulan berupa biaya konstruksi yang lebih murah, lebih adaptif dan tahan lama terhadap kondisi lahan yang rawan terbenam air, serta membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih singkat karena bisa dipabrikasi di darat, untuk dipergunakan oleh nelayan untuk aktivitasnya," tulis keterangan Kementerian PUPR, Rabu (27/6).

Dengan menggunakan teknologi tersebut, maka dapat memberikan sejumlah manfaat. Mulai dari tempat labuh dan bongkar muat bagi nelayan Kalibaru, serta penataan masyarakat nelayan Kalibaru.

Kemudian Dermaga Apung ini juga dapat menyediakan simpul ekonomi dan sosial bagi masyarakat nelayan Kalibaru, serta membantu percepatan pengerjaan tanggul fase A NCICD dengan mengurangi konflik sosial. (detikfinance/h)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments