Selasa, 23 Apr 2019

PKS Umumkan Cawagub DKI, M Taufik Protes

admin Selasa, 12 Februari 2019 18:26 WIB
Jakarta (SIB)-Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik menegaskan belum menyepakati nama-nama cawagub pengganti Sandiaga Uno dengan PKS. Taufik mengaku baru menerima rekomendasi tim panelis terkait nama-nama cawagub DKI.

"Kan rekomendasi fit and proper itu diserahkan ke pimpinan partai (pengusung), pimpinan partai yang nantinya akan menentukan siapanya. Nah baru setelah ada kesepakatan antara pimpinan partai baru mengajukan, mengusulkan (ke Gubernur). Begitu mekanisme yang benar sesuai aturan. Saya baru terima (rekomendasi tim panelis) hari ini," kata Taufik saat dimintai konfirmasi, Senin (11/2).

PKS sendiri sudah mengumumkan dua nama yang akan diusulkan kepada Gubernur DKI Anies Baswedan. Dua nama dimaksud yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Gerindra, selaku partai yang juga mengusung Anies menepis, tak membenarkan Agung dan Syaikhu yang akan diusulkan ke Anies. Taufik justru meminta PKS melanjutkan dulu proses yang sudah diatur dalam undang-undang.

"Kalau saya, mau Agung, mau Syaikhu, mekanismenya dilalui, bukan cuap-cuap ke media. Rapat pimpinan partai dulu dong. Kan harusnya rapat pimpinan partai dulu nih, Gerindra dan PKS. Emang mau pilih semau-mau. Pertemuan dong PKS dan Gerindra, baru dibuat surat usulan dua nama sesuai UU ditandatangani pimpinan partai pengusung. Itu mekanisme yang sesuai aturan," jelasnya.

"(Nama yang akan diusulkan ke Anies) nggak jauh dari yang berkembang. Gerindra akan mendiskusikan dengan PKS baru serahkan ke Gubernur, itu mekanisme yang bener," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum DPW PKS Syakir Purnomo mengumumkan bahwa Agung dan Syaikhu menjadi cawagub DKI terpilih dalam fit and proper test. Namun, dua nama itu belum diserahkan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Bahwa dua nama yang akan disampaikan ke gubernur (Anies Baswedan) nanti insyaallah adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu," kata Syakir alam keterangannya, Senin (11/2).

Dua nama itu dipilih dari tiga kader PKS yang dulu diajukan. Semua calon telah melewati berbagai proses seleksi.

"Jadi tidak ada faktor like and dislike tapi memang 3 orang yang baik ini, sudah dilakukan pengujian melalui fit and proper test, FGD, dan terakhir dilakukan pendalaman pada malam Sabtu (9/2) kemarin. Sehingga insyaallah sudah mewakili harapan dari posisi cawagub yang akan diisi," ujarnya. (detikcom/f)

T#gs M Taufik ProtesPKS Umumkan Cawagub DKI
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments