Jumat, 19 Jul 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Masih Cari Kerja? Pemerintah Buka Lowongan 100 Ribu PNS Tahun Ini

Masih Cari Kerja? Pemerintah Buka Lowongan 100 Ribu PNS Tahun Ini

Sabtu, 08 Februari 2014 21:48 WIB
Jakarta (SIB)- Pemerintah menyatakan akan membuka lowongan 100 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS) di tahun ini. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang sebanyak 65 ribu CPNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar mengatakan, pemerintah memerlukan orang-orang baik untuk mengisi kebutuhan CPNS ini.

"Tahun ini kita akan buka untuk umum sekitar 100 ribu (CPNS), kita perlu orang-orang yang baik," ujar Azwar di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (7/2/2014).

Selain lowongan CPNS untuk umum, pemerintah juga akan menarik PNS dari pegawai honorer. Ada sekitar 600 ribu peserta dari pegawai honorer yang ingin naik pangkat menjadi PNS. "Kita prioritaskan untuk guru dan perawat. Ini sebagian masih proses, mungkin sebagian besok akan kita lepas untuk kita umumkan, jadi bertahap," jelas Azwar.

Pemerintah, lanjut Azwar, menjamin tes CPNS akan adil, dengan menggunakan sistem komputerisasi dalam tes masuknya. Meski begitu, ada keluhan dari beberapa daerah, karena putra daerah yang lolos sangat sedikit.

"Pemerintah pusat memang tidak menetapkan kelulusan, hanya mengeluarkan hasil. Itu keluhan dari 14 daerah, tapi sekarang tinggal 4 lagi yang mau ketemu saya," jelas Azwar. (dtf)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments