Selasa, 25 Feb 2020
Banner Menu
Detail Utama 1
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Mantapkan Program Pekansikawan, Wali Kota Pimpin Rakor di Pekanbaru

Mantapkan Program Pekansikawan, Wali Kota Pimpin Rakor di Pekanbaru

admin Kamis, 28 Maret 2019 16:47 WIB
Pekanbaru (SIB)-Wali Kota Pekanbaru Firdaus memimpin rapat koordinasi tindak lanjut kerja sama empat daerah yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kampar, dan Pelalawan (Pekansikawan), Rabu (27/3) di Hotel Premiere Jalan Sudirman Pekanbaru.

Dalam pertemuan yang dihadiri perwakilan dari empat daerah serta perwakilan dari Pemprov Riau itu, wali kota mengatakan rapat koordinasi dilaksanakan untuk memantapkan program Pekansikawan sebagai kawasan metropolitan Provinsi Riau masa mendatang.
Konsep Pekansikawan merupakan perencanaan pembangunan jangka panjang yang matang dan terstruktur yang mengintegerasikan pembangunan empat daerah tersebut. Tujuannya ialah membangun "kota baru" dengan memperhatikan hal-hal yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau yang muaranya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Riau.

Dengan perkembangan dan pembangunan kota yang semakin cepat, kata wali kota, Kota Pekanbaru pelan-pelan mulai terasa sempit. Untuk itu diperlukan strategi dengan menggandeng daerah tetangga sebagai mitra melalui program Pekansikawan tersebut.

Melalui Pekansikawan tersebut ada integrasi program antara Kota Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan, misalnya pembangunan jalan dan jembatan, perumahan, pergudangan, pusat perbelanjaan, perhotelan, transportasi, sampah dan air bersih, dan lainnya.

Ibarat taplak meja yang dirajut dengan motif empat bunga yang berbeda dan bagus, kata Firdaus mengibaratkan, Pekansikawan akan menjadi kawasan yang ideal dan cepat maju jika keempat daerah tidak mengedepankan ego sektoral. Apalagi konsep tersebut juga didukung Pemprov Riau dan saat ini tengah digodok Perda Provinsi Riau untuk mendukung konsep tersebut.

Pemkab Siak yang diwakili Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Wan Saiful, Pemkab Kampar diwakili Sekdakab Yusri, dan Pemkab Pelalawan diwakili Sekda T Mukhlis dalam pertemuan tersebut sama-sama menyatakan setuju untuk mempercepat realisasinya dengan didukung oleh payung hukum yang jelas. (G11/d)
T#gs Wali Kota Pimpin Rakor di PekanbaruMantapkan Program Pekansikawan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments