Sabtu, 08 Agu 2020

Lantik Perwira TNI-Polri, Jokowi Ingatkan Tantangan Teknologi

Rabu, 15 Juli 2020 20:39 WIB
Foto Ant/Sigid Kurniawan

PRASETYA PERWIRA TNI-POLRI : Sejumlah perwira remaja peraih Adhi Makayasa mendengarkan pengarahan dari Presiden Joko Widodo dalam Prasetya Perwira (PRASPA) TNI dan POLRI Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7). 

Jakarta (SIB)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar perwira dari TNI dan Polri bisa menghadapi masa teknologi masa terkini. Sehingga, mereka bisa menghadapi tantangan zaman.

"Sebagai pengawal masa depan, saudara-saudara harus cakap membaca tatanan dan peluang ke depan, yang jelas dunia berubah dengan begitu cepatnya. Disrupsi terjadi di semua sektor kehidupan. Revolusi industri jilid 4 mendorong perubahan cepat tersebut," ucap Jokowi saat menyampaikan amanat pelantikan di Istana Presiden, Jakarta, Selasa (14/7).

Menurut Jokowi, akan ada persaingan antar negara untuk menguasai teknologi. Teknologi yang berkembang termasuk juga teknologi industrialisasi.

"Teknologi militer juga berkembang dengan cepat, teknologi militer terkini sudah menggunakan kecerdasan buatan, automation, augmented reality, dan teknologi siber telah jauh berkembang dan masih banyak lagi perkembangan teknologi yang mengagumkan yang saudara harus menjadi bagian dari yang mengendalikan dan mengembangkannya," kata Jokowi.

Selain soal perkembangan militer, Jokowi juga mengungkapkan tantangan di dunia kepolisian. Menurut Jokowi, teknologi digunakan oleh pelaku kriminal di masyarakat.

"Tantangan kejahatan yang dihadapi perwira kepolisian juga sangat berat. Kejahatan menggunakan teknologi canggih, dan kejahatan siber yang lintas negara juga memerlukan kemampuan antisipasi dan mitigasi yang lebih baik," kata Jokowi.

Bagi Jokowi, perwira harus mampu mengikuti dan mengejar perkembangan teknologi. Hal itu adalah bagian dari kemampuan sumber daya manusia Indonesia.

"Saudara harus menjadi bagian dari kualitas SDM Indonesia yang hebat, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang lincah, dan inovatif menghadapi perubahan, dengan karakter kokoh penjaga NKRI, dan penjaga Pancasila yang sejati," ujarnya.

Jokowi juga berpesan agar perwira remaja memegang teguh kode etik sebagai perwira TNI-Polri. Selain itu, mereka harus memiliki beberapa sifat lain selama menjalankan tugas.

"Junjung tinggi kecintaan dan kehormatan sebagai perwira TNI dan Polri. Pelihara kekompakan, dan persatuan, dan beri pelayanan terbaik bagi bangsa negara dan rakyat kita," ucap Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan kepada perwira TNI-Polri untuk menghormati orang tua, pendidik dan pelatih yang telah membantu mereka.

"Oleh karena itu, bersimpuhlah kepada beliau yang berjasa untuk masa depan saudara. Kepada orang tua para perwira remaja, saya ucapkan selamat atas pelantikan putra/putri bapak ibu menjadi perwira TNI-Polri. Mereka bukan hanya kebanggaan bapak ibu, mereka adalah kebanggaan bangsa Indonesia," ucapnya.

"Selamat bertugas, jalankan Sapta Marga, dan sumpah prajurit, terapkan Tribrata, dan Catur Prasetia, dalam setiap langkah saudara, junjung tinggi kehormatan sebagai perwira TNI dan Polri, buat orang tua mu bangga, buat Indonesia bangga," ujarnya.

Berbeda
Jokowi melantik perwira TNI dan Polri dalam Upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri Tahun 2020 di Istana Negara. Jokowi mengatakan, pelantikan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Upacara Prasetya Perwira dilakukan di dalam Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Upacara itu disiarkan secara langsung oleh kanal YouTube Setpres.

"Pelantikan saudara-saudara pada tahun ini kita lakukan secara berbeda," kata Jokowi saat memimpin upacara.
Jokowi mengatakan, tahun ini, upacara hanya bisa dilakukan secara virtual. Hanya penerima Adhi Makayasa dan orang tuanya yang hadir dalam pelantikan tahun ini.

"Kita tidak melakukan tatap muka di halaman Istana, tetapi kali ini kita lakukan secara virtual. Hanya penerima Adhi Makayasa dan orang tuanya yang hadir secara fisik di Istana Negara mewakili saudara-saudara," tutur Jokowi.
Selain melantik Perwira TNI dan Polri, Jokowi juga memberikan penghargaan Adhi Makayasa. Ada 4 lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri.

Upacara Prasetya Perwira ini juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Hadir juga Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (detikcom/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments