Minggu, 20 Okt 2019

Kebakaran Hutan, Lahan Sawit 100 Hektare PT TPS Disegel

bantors Sabtu, 12 Oktober 2019 12:50 WIB
Ilustrasi
Jakarta (SIB) -Polres Indragiri Hulu (Inhu) di Riau menyegel lahan sawit di areal PT Tugu Palma Sumatera (TPS) yang terbakar. Lokasi yang terbakar lebih dari 100 hektare.

"Kita baru saja menyegel lahan perkebunan sawit yang merupakan bagian izin HGU milik PT TPS. Di lokasi itu ada 100 hektare lebih yang terbakar," kata Humas Polres Inhu, Aipda Misran, Jumat (11/10).

Misran menjelaskan, lokasi kebakaran di lahan HGU PT TPS ini berada di Kecamatan Siberida. Kawasan yang terbakar ini sulit dilakukan pemadaman karena struktur tanahnya yang unik.

"Kondisi tanahnya agak unik dibanding yang lain. Di atas permukaan kondisi tanahnya keras, tetapi setelah tanah di bawahnya gambut," kata Misran.

Struktur tanah yang unik ini, sambung, sehingga kawasan yang terbakar sulit dilakukan pemadaman. Walau kondisi turun hujan, air yang membasahi tidak tembus hingga ke gambut.

"Jadi agak aneh kondisi tanahnya, sehingga walau hujan pun bara gambutnya sulit padam. Karena air hujannya tidak menembus hingga ke gambutnya," kata Misran.

Namun dari hasil penyelidikan, katanya, pihak perusahaan menyatakan bahwa lahan yang terbakar tersebut selama ini dikuasai masyarakat.

"Memang izin HGU-nya atas nama perusahaan. Hanya saja, lahan yang terbakar itu diklaim selama ini dikuasai masyarakat. Lahan yang terbakarpun merupakan tanaman sawit yang masih kecil dan tanamannya masih jarang-jarang," kata Misran. (detikcom/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments