Rabu, 23 Okt 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Karhutla Meluas di Riau, Jalan Lintas Timur Sumatera Diselimuti Asap

Karhutla Meluas di Riau, Jalan Lintas Timur Sumatera Diselimuti Asap

admin Senin, 29 Juli 2019 21:50 WIB
Ilustrasi
Pekanbaru (SIB) -Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Riau. Kebakaran yang meluas di sejumlah titik membuat Jalan Lintas Timur Sumatera (Jalinsum) diselimuti asap.

Kawasan Jalinsum menghubungkan Pekanbaru ke Kabupaten Pelalawan yang selanjutnya menuju arah Jambi pada Minggu (28/7) terlihat diselimuti asap. Asap yang menyelimuti langit Riau ini tentunya imbas Karhutla.

Fendi Rahmada (30) warga Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau yang menuju Pekanbaru mengaku melihat asap di sepanjang Jalinsum. Namun dia mengakui asap tersebut tidak mengganggu perjalanannya dengan mobil.

"Jalan lintas timur saat ini dikepung asap tipis. Namun demikian tidak mengganggu arus lalu lintas. Hanya saja, dibanding hari biasanya, asap sekarang lebih kelihatan," kata Fendi.

Menurut Fendi, asap lebih tampak jelas ketika memasuki Jalinsum di Kabupaten Pelalawan Riau. "Kalau dari Inhu tadi, asapnya tidak terlalu terlihat. Tapi masuk ke Kabupaten Pelalawan, asap kebakaran lahan sangat jelas," kata Fendi.

Dari data BMBG Pekanbaru, saat ini titik panas (hotspot) diketahui paling banyak di Pelalawan. Data BMGK ini berdasarkan satelit Terra Aqua. Di Riau saat ini terpantau ada 30 titik panas yang menyebar. Data satelit menunjukan titik panas terbanyak saat ini ada di Kabupaten Pelalawan.

Satgas Karhutla di Riau, saat ini terus berusaha melakukan pemadaman lahan. Lahan gambut lebih dari 25 hektare saat ini terbakar di Kabupaten Siak. Sudah sepekan ini tim berjibaku untuk melakukan pemadaman. Namun belum bisa dipadamkan total. (detikcom/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments