Senin, 20 Mei 2019

KPU Prioritaskan Pengiriman Logistik ke Lokasi Bencana

Senin, 10 Februari 2014 16:33 WIB
SIB/int
Ilustrasi
Jakarta (SIB)- Beberapa wilayah di Indonesia saat ini masih dilanda bencana alam dan warga masih mengungsi. Agar para pengungsi tetap bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2014 yang jatuh 9 April, KPU akan memprioritaskan pengiriman logitik Pemilu ke wilayah-wilayah bencana.

"Tentu saja diprioritaskan. Kan serentak. Jadi jangan sampai ada daerah yang ketinggalan. Ada waktunya. Semua logistik sekurang-kurangnya 1 hari sebelumnya sudah tiba di TPS. Itu harus tepat waktu," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, Minggu (9/2).

Hal ini ia sampaikan usai memantau pencetakkan surat suara di PT Temprint Jl. Palmerah Barat, Jakarta Barat.

Hadar menuturkan bahwa KPU juga sudah mempersiapkan anggaran khusus untuk mengganti logistik Pemilu yang rusak di lokasi bencana. Untuk para pengungsi di Sinabung, Sumatera Utara, KPU juga bersiap untuk menggeser TPS.

"Di Sinabung TPS  harus digeser. Yang terpenting kita memastikan pemilih di 5 desa itu ada di mana sekarang," ujar Hadar.

Setelah  mengecek pengemasan surat suara di PT Temprint, Hadar juga yakin bahwa logistik Pemilu akan aman dari banjir. Selain surat suara yang dibungkus plastik, kotak suara yang terbuat karton juga akan dilapisi plastik.

"Lihat proses ini dipak, saya rasa cukup melindungi. Per 100 surat suara dibungkus plastik, per 1.000 juga dibungkus plastik lagi," kata Hadar.

"Kotak suara ada yang dari karton karena yang dari alumunium ada yang sudah rusak. Yang dari karton tidak usah khawatir, bagian dalamnya dilapis plastik," lanjutnya. (detikcom/h)
 
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments