Minggu, 17 Nov 2019

Jokowi: Negara Tetangga Takut dengan Go-Jek

Selasa, 13 November 2018 16:13 WIB
Tangerang (SIB) - Presiden Joko Widodo mengakui ada peluang perusahaan rintisan (startup) Indonesia masuk ke negara tetangga, namun ada hambatan untuk menembus pasar negara tetangga.

"Negara tetangga kita takut sekali dengan yang namanya Go-Jek, takut banget. Mereka ngomong ke saya kok, sehingga mereka menghambat setiap kita akan masuk ke pasar yang ada di sana," kata Presiden Jokowi di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Minggu (11/11) malam, saat menghadiri perayaan ulang tahun keempat Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Di hadapan sekitar 3.000 kader PSI, Jokowi mengatakan Indonesia memiliki industri kreatif yang berkembang pesat. "Sekarang ini, kita memiliki empat unicorn yang masuk dalam tujuh startup terbesar di Asia Tenggara, keempatnya dimiliki oleh anak-anak muda," katanya.

Keempat unicorn itu adalah Traveloka, Go-Jek, Bukalapak, dan Tokopedia. Unicorn adalah sebutan bagi perusahaan rintisan yang bernilai di atas satu miliar dollar AS atau setara 13,5 triliun rupiah (kurs 13.500 rupiah per dollar AS).

"Ini loncatan anak muda yang harus diikuti, kenapa PSI tidak melompat seperti itu," katanya. Dia menyebutkan Go-Jek sudah masuk ke Vietnam dan akan segera masuk ke Singapura dan Filipina.

"Ini zamannya anak muda yang harus melakukan lompatan, ada peluang, ada opportunity di sini," katanya. Dalam pidatonya, Jokowi menyebutkan, PSI sebagai partai muda yang mampu menciptakan inovasi dan lompatan yang luar biasa.

"Saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-4 Partai Solidaritas Indonesia, PSI. Saya melihat, walaupun usianya masih muda, sangat muda, saya tahu inovasi-inovasi PSI sangat luar biasa, lompatan- lompatannya juga luar biasa," kata Jokowi, disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Dia mengatakan yang diperlukan untuk membuat seseorang atau sebuah partai politik punya lompatan besar adalah diferensiasi atau pembeda. Jokowi kemudian mengungkapkan sejak memasuki gedung hingga naik ke panggung ada aura yang berbeda yang dihadirkan PSI.

"Menuju Indonesia maju membutuhkan cara-cara muda. Muda bukan semata usia, tapi yang lebih penting juga jiwa. Muda adalah semangat muda, adalah energi muda, adalah gagasan, ide-ide baru. Muda adalah kreasi, inovasi, kerja keras," ujar Jokowi.

Dalam dunia politik, Jokowi menyebut masyarakat dapat melihat kreasi anak-anak muda yang membangun partai. Partai itu dibangun oleh anak-anak muda kreatif.

Partai itu, kata Jokowi, adalah PSI. "Di dunia politik, khususnya partai politik, kita melihat kreasi anak muda. Parpol yang dibangun anak-anak muda kreatif penuh akuntabilitas.

Siapa dia? PSI," kata Jokowi disambut tepuk tangan hadirin. "Yang saya lihat sekarang sedang menjadi unicorn dalam dunia politik Indonesia, untuk menjadi unicorn," lanjut Jokowi.

Selain Presiden Jokowi, hadir dalam acara tersebut Menko Polhukam Wiranto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Tohir, Ketua Umum PSI Grace Natalie, serta kader dan simpatisan PSI dari berbagai daerah di Indonesia. (KJ/d)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments