Senin, 14 Okt 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Jakarta Banjir, SBY Perintahkan BNPB, Polri dan TNI Bantu Jokowi Atasi Banjir Jakarta

Jakarta Banjir, SBY Perintahkan BNPB, Polri dan TNI Bantu Jokowi Atasi Banjir Jakarta

Rabu, 15 Januari 2014 12:30 WIB
SIB/Int
Presiden SBY Didampingi Menlu Marty Natalegawa saat meninjau bagian gedung istana negara yang tak terhindar dari genangan air banjir beberapa waktu lalu.
Jakarta (SIB)- Presiden SBY menaruh perhatian besar terhadap banjir yang melanda Jakarta. Presiden memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu Gubernur DKI Joko Widodo.

"Saya menginstruksikan Kepala BNPB untuk membantu penuh Gubernur DKI Jakarta agar bisa menangani banjir ini dengan baik, cepat dan tepat," kata SBY dalam akun twitternya, Senin (13/1).

Presiden SBY telah menerima laporan dari BNPB mengenai situasi terkini banjir Jakarta. Dari laporan itu Presiden SBY telah menyiapkan langkah untuk meminimalisir dampak banjir.

"Perhatian pemerintah diutamakan bagi kaum pengungsi, terutama mereka yang sakit, anak-anak dan golongan lanjut usia," ujar SBY.

Selain itu, SBY juga meminta Kapolri untuk memperketat pengamanan di daerah yang terkena banjir. Panglima TNI juga diminta mengerahkan personelnya untuk membantu korban banjir.

"Panglima TNI juga saya instruksikan untuk kerahkan personel dan truk-truk militer untuk membantu masyarakat di daerah banjir," tulis SBY.
Dinas Kebersihan Siapkan 32 MCK Keliling

Dinas kebersihan menurunkan puluhan unit MCK keliling untuk 5 wilayah di DKI Jakarta. Hal itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih di setiap posko pengungsian banjir yang di dirikan Pemda.

"Untuk memenuhi kebutuhan warga di tempat pengungsian, pihaknya mengirimkan 32 unit MCK Mobile yang disebar di lima wilayah. Kapasitas MCK mobile ini ada yang memiliki 3 dan 6 pintu," ujar Kasie Pengendalian Sampah dan Air Limbah Septic Tank, Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Kurlie.

Kurlie mengatakan pihaknya akan. Menempatkan MCK keliling tersebut di tiap posko pengungsian. MCK keliling tersebut disiapkan hingga banjir yang melanda Jakarta surut.

"Selama masih ada warga mengungsi kita akan siagakan MCK keliling tersebut. Jika warga sudah kembali ke rumahnya masing-masing maka seluruh MCK Mobile ini akan ditarik kembali," tuturnya

Khusus di Jakarta Timur pihaknya menempatkan 3 unit MCK keliling di posko pengungsian sudin kesehatan, GOR Jakarta Timur dan Kampus Binawan. Rencananya di posko Sudin Kesehatan Jakarta Timur akan ditambah satu unit MCK keliling.

"Mengingat jumlah pengungsinya bertambah banyak. Mudah-mudahan sore nanti sudah ada dua. Sedangkan untuk persiapan air bersih, pihaknya mengerahkan empat mobil tangki air bersih. Masing-masing kapasitasnya 6 kubik atau 6.000 liter," ucapnya.

13 Ruas Jalan di Jakarta Ditutup
Banjir yang melanda Jakarta melumpuhkan sejumlah ruas jalan. Ketinggian banjir yang mencapai 1 meter itu membuat arus lalu lintas di jalan yang tergenang air hingga terendam banjir terpaksa ditutup.

"Jalan terpaksa ditutup karena sudah tidak dapat dilalui oleh kendaraan bermotor," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto.

Polda Metro Jaya mencatat ada 13 ruas jalan yang ditutup karena banjir ini. Berikut data selengkapnya berdasarkan keterangan Rikwanto:
Jakarta Selatan ada 8 titik jalan yang ditutup:
1. Jalan TB Simatupang, depan Plaza Oleos, dengan ketinggian 100 cm (1 meter)
2. Jalan TB Simatupang depan kantor DPP PAN, ketinggian banjir mencapai 80 Cm
3 Jl TB simatupang depan Gedung Graha, ketinggian 60 Cm.
4. Jl Kemang Raya depan Kemcik, 100 Cm
5. Jl Kemang Utara 9 (Pasar Jagal Buncit), 100 Cm
6. Jl Duren Bangka depan SMP, 100 Cm
7. Jl Bank Prapanca ketinggian 1 meter
8. Jl Jagakarsa Pasar Lenteng Agung, 60 Cm

Jakarta Timur, ada 5 titik jalan yang ditutup:
1. Perum Kampung Pulo, ketinggian 200 Cm
2. Kampung Kramat Makasar, 100 Cm
3. Rusun Bidara Cina, 100 Cm
4. Bawah flyover Kalibata, Kramat Jati, 1 meter
5. Tol Jagorawi Km 4 Jembatan Kali Cipinang, 25 Cm. (detikcom/h)


T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments