Rabu, 18 Sep 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Jadi Anggota DPRD Rohul, Sikfikal Lumban Gaol Termotivasi Perjuangkan Hak Masyarakat Adat

Jadi Anggota DPRD Rohul, Sikfikal Lumban Gaol Termotivasi Perjuangkan Hak Masyarakat Adat

admin Senin, 09 September 2019 17:17 WIB
SIB/Maruba Habeahan
BERSAMA KELUARGA : Anggota DPRD Rokan Hulu Sikfikal Lumban Gaol bersama keluarga di sela-sela rapat paripurna DPRD Rokan Hulu dalam rangka pengucapan sumpah/janji Anggota DPRD masa jabatan 2019-2024, Senin (2-9) di Gedung DPRD setempat
Pasir Pengaraian (SIB) -Sikfikal Lumban adalah satu diantara 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau masa jabatan 2019-2024, yang telah mengucapkan sumpah/janji pada Senin (2/9) dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian Sunoto SH MH di ruang rapat paripurna DPRD setempat.

Sebelumnya, sesuai keputusan dari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rohul yang didasarkan dengan perolehan suara pada Pemilu Legislatif 17 April 2019 yang lalu, Sikfikal yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) Rokan Hulu 2 meliputi Kecamatan Tambusai dan Tambusai Utara ini ditetapkan sebagai calon anggota DPRD Rohul terpilih.

Ditanya tentang motivasinya menjadi anggota DPRD, suami boru Silitonga ini kepada SIB memaparkan, selama ini masyarakat adat tidak hadir saat penetapan berbagai Peraturan Pemerintah Daerah, sehingga regulasi-regulasi tersebut justru menyebabkan kurangnya hak masyarakat adat. Oleh karena itu, kader-kader terbaik dari masyarakat adat tersebut guna bertarung merebut kursi di legislatif dipandang sangat penting untuk merebut ruang di DPRD Kabupaten.

Kader-kader terbaik yang diutus ini mendapat tugas khusus yaitu memperjuangkan dan memastikan hak-hak masyarakat adat diakui dan dilindungi lewat Peraturan Pemerintah Daerah tentang Masyarakat Adat.

Visinya adalah : "Mewujudkan DPRD yang kredibel, kapabel dan akseptabel yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi serta keadilan maupun kesejahteraan rakyat dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sedangkan misinya : 1. Menampung dan memperjuangkan aspirasi rakyat dalam pembuatan kebijakan pemerintah daerah 2. Meningkatkan kualitas sumberdaya DPRD
3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembuatan peraturan daerah serta peran Sekretariat DPRD 4. Meningkatkan transparansi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Harapannya ke depan setelah diresmikan pengangkatannya menjadi anggota Dewan secara singkat disebutkan anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, dengan ketulusan hati yang mendalam memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Rohul. "Kiranya kepada kami diberi kesehatan, khitmad dan kebijaksanaan untuk mengemban amanah yang telah dipercayakan lima tahun kedepan ini," ungkapnya.

Saat diminta tanggapan dan harapannya terhadap masyarakat Batak Toba yang ada di Rohul khususnya dalam perhelatan Pemilu, pria kelahiran Desa Jumala Kecamatan Sumbul Pegagan Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara ini menyebutkan, diperlukan kebersamaan dalam mendukung semua program dan rencana pembangunan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Secara khusus dalam Pemilu serentak seperti Pilpres dan Pileg agar memilih dengan hati nurani untuk calon-calon pemimpin dan wakil-wakil rakyat yang terbaik mulai tingkat pusat, provinsi dan kabupaten yang menentukan masa depan bangsa dan kesejahteraan masyarakat setiap lima tahunan, pungkas Lumban Gaol. (M27/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments