Senin, 21 Okt 2019

Hujan Es Jatuh di Cileungsi Bogor

Sabtu, 11 Januari 2014 15:43 WIB
Jakarta (SIB)- Hujan es melanda kawasan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Hujan ini turun sekitar pukul 16.30 WIB. "Di daerah Cileungsi, Bogor, terjadi hujan es. Hanya berselang waktu 7 menit saja terjadi pukul 16.30 WIB," kata Bagas melalui Info Anda detikcom, Jumat (10/1).

Saat ini cuaca Jabodetabek sedang hujan deras disertai angin kencang. Sejumlah pohon tumbang, jalan tergenang dan ada bagian proyek RSCM ambruk.
Pada Oktober 2013 lalu hujan es juga pernah turun di kawasan Pondok Indah dan beberapa daerah di Jakarta Selatan. Hujan ini kerap terjadi saat masa transisi antara musim kemarau ke musim hujan.

Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kukuh Ribudiyanto menyatakan hujan es ini diawali dengan terbentuknya awan cumulus nimbus. Awan ini merupakan awan tebal yang terbentuk menjelang hujan. Dalam awan ini biasanya terbentuk turbulance sehingga menimbulkan hembusan udara dari atas ke bawah.

Awan ini bisa menjulang hingga ketinggian 12 km. Saat mencapai ketinggian 12 km suhu di puncak awan mencapai -40 derajat Celcius hingga -60 derajat Celcius. Kemudian saat terjadi embusan udara turunlah kristal-kristal es. Saat embusan itu es-nya turun sehingga turun hujan es.

Agar bisa turun hujan es ketinggian awan cumulus nimbus harus mencapai 7 km hingga 12 km. "Kalau ketinggiannya baru sampai 5 km suhunya baru mencapai 0 derajat Celcius, jadi harus menjulang lebih tinggi dari itu untuk menyebabkan hujan es," papar Kukuh kala itu. (detikcom/q)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments