Kamis, 22 Agu 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Ephorus Luncurkan Orientasi Pelayanan Diakonia dan Lantik Pengurus Media Kairos HKBP di Jakarta

Ephorus Luncurkan Orientasi Pelayanan Diakonia dan Lantik Pengurus Media Kairos HKBP di Jakarta

admin Senin, 04 Februari 2019 19:45 WIB
SIB/Victor Ambarita
FOTO BERSAMA : Ephorus HKBP Pdt Darwin Lumbantobing foto bersama Praeses HKBP Distrik Jakarta Pdt Midian KH Sirait usai pelantikan Pengurus Pokja Media Kairos HKBP di Sopo Marpingkir, Jakarta, Senin (28/1).
Jakarta (SIB)- Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing bersama Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Pdt Midian KH Sirait, MTh secara resmi meluncurkan agenda orientasi pelayanan HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Raya tahun 2019 di Sopo Marpingkir HKBP, Jakarta, Senin (28/1).

Pada kesempatan itu Ephorus melantik Pengurus Kelompok Kerja (Pokja) Pelayanan Media Gereja HKBP yang berpusat di DKI Jakarta. Sejalan dengan rencana strategis HKBP, Distrik DKI Jakarta juga memfokuskan pelayanannya pada pelayanan diakonia (belaskasihan). Peluncuran resmi tersebut ditandai lewat pengetukan palu dan penyingkapan selubung logo dan tema orientasi pelayanan HKBP 2019 oleh Ephorus dan Praeses.

Dalam sambutannya, Ephorus Pdt Darwin Lumbantobing mengemukakan bahwa HKBP hendak merevitalisasi pelayanan diakonia. "Bukan hanya menyoroti masalah kemiskinan dalam arti material. Gereja juga perlu menyoroti dan mengatasi akar masalah penyebab kemiskinan yang terjadi di jemaat maupun sekitarnya.

Gereja berperan menyerukan kepada setiap pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan perubahan dan mengupayakan tindakan yang dapat memperbaiki kehidupan," kata dia. Sementara Praeses Pdt Midian KH Sirait mengatakan melalui model pelayanan diakonia profetis ini, gereja berperan aktif bukan hanya menolong subyek yang tertindas, tetapi juga menyerukan pertobatan terhadap struktur yang menindas.

Selain itu, Praeses Midian, di hadapan ribuan jemaat dan ratusan pendeta yang menghadiri acara tersebut turut memaparkan sejumlah program unggulan Distrik DKI Jakarta tahun 2019. Di antaranya, pembentukan Distrik Center di area seluas 20.000 meter persegi di daerah Jonggol. "Rencananya, di area tersebut juga akan ada lokasi retreat bagi seluruh jemaat HKBP yang ada di Jakarta dan sekitarnya," jelas dia.

Midian juga memaparkan akan diadakan Ibadah Raya Peringatan 100 Tahun Penginjilan HKBP di Jakarta. "Peringatan tersebut diselenggarakan pada bulan September dan akan melibatkan 4 distrik di Pulau Jawa di Gelora Bung Karno," kata dia. Midian berharap kepada seluruh jemaat dapat mendoakan dan mendukung seluruh rangkaian program pelayanan yang telah dicanangkan HKBP, khususnya pelayanan Diakonia Distrik.

PELANTIKAN
Terkait pelantikan pengurus Pokja Media Kairos HKBP, Praeses, menjelaskan unit pelayanan baru yang diberi nama Kairos Multimedia Center ini merupakan unit pelayanan baru di HKBP yang punya beberapa tugas, antara lain, menghimpun dan mengolah informasi/ berita untuk disebarluaskan kepada seluruh jemaat HKBP baik melalui media sosial maupun media online dan televisi.

"Pokja tersebut akan bertindak sebagai media partner bagi seluruh gereja yang hendak mendokumentasi dan mempublikasikan kegiatannya kepada seluruh jemaat di seantero dunia. Juga, menghimpun seluruh talenta jemaat di berbagai bidang, termasuk media komunikasi dan teknologi informasi untuk diberdayakan melayani gereja.

Kairos Multi Media Center akan menjadi arena berkumpulnya para jurnalis, seniman dan para praktisi teknologi informasi Gereja HKBP," urai dia. Midian pun berharap Pokja ini nantinya dapat membangun Studio Kairos Multi Media Center, yang mencakup studio siaran audio dan video streaming yang direncanakan berlokasi di Sopo Marpingkir HKBP. (J03/f)
T#gs Ephorus Luncurkan Orientasi Pelayanan Diakonia dan Lantik Pengurus Media Kairos HKBP di Jakarta
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments