Minggu, 20 Sep 2020
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Di Masa Pandemi Covid-19 Penggunaan Teknologi Menjadi Solusi Membantu Roda UKM

Di Masa Pandemi Covid-19 Penggunaan Teknologi Menjadi Solusi Membantu Roda UKM

Selasa, 08 September 2020 20:24 WIB
Foto Dok
Medan (SIB)
Di masa pandemi Covid-19 penggunaan teknologi menjadi solusi terbaik untuk membantu roda perekonomian UKM tetap berjalan. Selain bantuan modal, pemasaran melalui media sosial juga akan memudahkan UKM untuk menyusun strategi yang sekiranya tepat guna kelangsungan usaha saat ini dan ke depannya.

Hal itu dikatakan Plt Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Sumut, Dr Ridha Haykal Amal SH MH kepada SIB, Minggu (6/9) melalui via WhatsApp.

Dijelaskan, pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai channel utama pemasaran akibat peraturan pemerintah agar tetap patuh protokol kesehatan untuk memutus mata rantai Covid-19. Masyarakat diimbau agar tidak bertatap muka dan keluar rumah, media sosial dapat menjadi salah satu cara mempromosikan produk UKM.

“Saat ini banyak produk UKM yang saling bantu satu sama lain, mulai dengan aktif menceritakan produk atau usaha, memberikan promo, hingga minta bantuan teman untuk promosikan usaha,” ujarnya.

Pelaku UKM harus dapat memastikan cashflow terjaga dengan sehat, karena arus kas menjadi unsur paling penting dalam bisnis, sehingga para pemilik usaha harus mampu mengelola uang tunai secara optimal dan baik.

Melihat kembali rencana anggaran biaya menjadi hal yang krusial di masa ini. Pemilik usaha harus dapat memilah pos anggaran mana yang menjadi prioritas dan melakukan penyesuaian budget dengan kondisi saat ini untuk mengupayakan usaha tetap berjalan dengan risiko yang dapat diantisipasi.

Cek status persediaan barang secara berkala dan real time, pemilik usaha tidak hanya menghitung persediaan barang, tetapi juga mengetahui harga jual beli rata-rata, dan menginformasikan ketersediaan stok juga.

Monitor persediaan barang juga diperlukan untuk memperoleh referensi misalnya produk mana yang paling diminati dan kurang diminati, produk mana yang akan segera habis masa berlakunya, stok yang kosong dan lainnya.

Dengan kondisi saat ini, tambahnya, bisa dilihat bahwa teknologi memegang peranan besar dalam keberlangsungan operasional perusahaan. Adopsi teknologi cloud melalui software akuntansi akan memudahkan pemilik usaha tetap dapat memantau serta mengakses laporan keuangan usaha dengan aman dimanapun dan kapanpun serta biaya yang terjangkau. (M12/a)

T#gs Masa Pandemi Covid-19Membantu Roda UKMPenggunaan TeknologiSolusi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments