Kamis, 06 Agu 2020
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Dahlan: Perhatian untuk Masyarakat di Luar Pulau Jawa Jangan Hanya Omongan

Dahlan: Perhatian untuk Masyarakat di Luar Pulau Jawa Jangan Hanya Omongan

Kamis, 16 Januari 2014 11:38 WIB
SIB/int
Dahlan Iskan
Jakarta (SIB)- Pulau Jawa bagi sebagian kalangan bak gula. Berbondong-bondong masyarakat merantau ke pulau ini untuk mengadu nasib. Mereka beranggapan di pulau yang memiliki lima provinsi inilah segalanya bisa didapat. Apakah ini berarti pemerintah kurang memberikan perhatian terhadap masyarakat di luar Jawa?

Menurut Dahlan Iskan, perlu adanya penggalangan opini yang kuat terkait persoalan tersebut. "Jangan sampai kita hanya ngomong memperhatikan luar Jawa, namun tidak ada implementasinya," kata Dahlan dalam diskusi di Padepokan Demi Indonesia di Jl Hang Tuah Raya, Selasa (14/1) sore. Hadir dalam kesempatan tersebut mantan Ketua MK Mahfud MD.

Dia mencontohkan, beberapa bencana yang terjadi di daerah di Indonesia harus menjadi perhatian semua pihak. Tidak hanya persoalan banjir Jakarta yang terus disorot.

"Bisa-bisa pemberitaan banjir yang hebat langsung melupakan Gunung Sinabung atau Papua. Karena Jakarta adalah daerah populer, sehingga banyak orang yang mau ngomong. Lalu, anggaran dibesarkan, kan ini tidak rasional," papar Dahlan.

Dia berharap APBN ke depan dapat terkonsentrasi di daerah-daerah miskin atau masih tertinggal.

"Sehingga APBN tidak selalu Jakarta atau Jawa," kata Dahlan. (detikcom/q)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments