Senin, 30 Mar 2020
Banner Menu
Detail Utama 1

3 Wilayah di Pekanbaru Disemprot Disinfektan Pakai Drone

* ODP Corona Riau 2.438
Kamis, 26 Maret 2020 20:01 WIB
FOTO: Ant/Rony Muharrman

PENYEMPROTAN : Tim gabungan Polda Riau beserta Polresta Pekanbaru mengoperasikan drone (pesawat tanpa awak) untuk menyemprotkan cairan disinfektan di kawasan pemukiman penduduk di Pekanbaru, Riau, Rabu (25/3). Penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan guna menekan penyebaran virus Corona (COVID-19). 

Pekanbaru (SIB)
Polresta Pekanbaru melaksanakan penyemprotan disinfektan di lingkungan rumah warga. Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19).

Pelaksanaan penyemprotan disinfektan ini dipimpin Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang Mu'min Wijaya. Turut mendampingi Wakapolresta AKBP Yusuf Rahmanto, Kasat Lantas Kompol Emil Eka Putra, dan jajaran polsek. Hadir juga Biddokes Polda Riau.

Penyemprotan dilakukan di tiga kelurahan, yakni Tanah Datar, Sukaramai, dan Kota Baru di Kecamatan Pekanbaru Kota, Rabu (25/3). Seluruh lingkungan masyarakat setempat disemprot disinfektan.

"Ini dalam rangka pencegahan penyebaran wabah COVID-19 di lingkungan Pekanbaru. Kita harapkan masyarakat tetap selalu jaga kesehatan dan kebersihan di lingkungannya," kata Kombes Nandang.

Penyemprotan ini juga menggunakan alat drone dalam ukuran besar. Lingkungan warga di tiga kelurahan tersebut disemprot secara merata.

Kabid Dokkes Polda Riau AKBP drg Agung menjelaskan, larutan disinfektan yang disemprotkan tidak berbahaya karena menggunakan bahan dasar.

"Setelah dilakukan penyemprotan, silakan warga langsung mengelapnya dengan kain, karena virus akan segera mati terkena disinfektan. Kami juga mengimbau agar warga selalu jaga kebersihan," katanya.

2.438 Orang
Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (OPD) wabah virus corona (COVID-19) terus melonjak di Riau. Kini jumlahnya mencapai 2.438 orang.

Data tersebut tertara dalam situs milik Pemprov Riau corona.riau.go.id yang dirilis pada Rabu. Bila dibanding sehari sebelumnya terdata 1.823 OPD di Riau. Dengan demikian dalam sehari terjadi penambahan OPD sebanyak 615 orang.
Dari jumlah 2.438 orang yang selesai pemantauan 4 tersisa 2.434 orang. Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 60 orang.

Sebanyak 43 orang masih dirawat dan 17 orang sudah pulang dinyatakan sehat. Untuk kasus positif terkena COVID-19 masih tetap satu orang. Kondisi pasien satu positif corona masih menjalani perawatan.

Dalam penanganan kasus corona ini Pemprov Riau telah menganggarkan Rp 80 miliar dana APBD. Dana tersebut diambil dengan menggeser sejumlah dana dari perangkat kerja yang ada.

Pihak Pemprov Riau juga menyediakan 1.000 tempat tidur untuk pasien terpapar corona. Ruangan tidur tersebut diadakan dari jumlah gedung pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang ada di Riau. (detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments