Jumat, 18 Okt 2019
  • Home
  • Dalam Negeri
  • Pasca Putusan MK, KY Minta DPR Langsung Setujui 3 Nama Calon Hakim Agung

Pasca Putusan MK, KY Minta DPR Langsung Setujui 3 Nama Calon Hakim Agung

Sabtu, 11 Januari 2014 15:36 WIB
Jakarta (SIB)- Komisi Yudisial (KY) resmi mengirim 3 nama calon hakim agung ke DPR untuk dipilih. Sejak adanya putusan MK (9/1) kemarin, DPR tak boleh lagi memilih hakim agung. Lantas bagaimana nasib tiga calon tersebut?

"Putusan MK berlaku sejak saat diucapkan di sidang terbuka untuk umum. Harapan kami ketiga calon hakim agung itu disetujui semua," kata komisioner KY Bidang Rekrutmen Hakim Taufiqurrohman Sahuri, melalui pesan singkat yang diterima detikcom, Jumat (10/1).

Tiga nama calon hakim agung yang diajukan KY ke DPR terdiri dari dua hakim dari kamar perdata dan satu dari kamar pidana. Mereka yaitu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Palu Maria Anna Samiyati, hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi (PT) Makassar Suhardjono, dan Inspektur Wilayah II/hakim tinggi Pengawas Mahkamah Agung Sunarto.

"Pasca putusan MK yang mengabulkan persetujuan nama calon hakim agung oleh DPR, membawa akibat hukum DPR wajib memproses 3 CHA yang sudah dikirim KY yang belum di fit and proper test dengan mengikuti cara seperti yang diputuskan MK," ujarnya.

Seandainya DPR menyetujui tiga calon yang diajukan, maka tugas KY menjadi lebih ringan. Dari total empat hakim permintaan Mahkamah Agung (MA), utang KY hanya tersisa satu.(dtc/c)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments